Friday, 10 May 2024
HomeBeritaBegini Bedanya Gejala Masuk Angin Biasa dengan Omicron

Begini Bedanya Gejala Masuk Angin Biasa dengan Omicron

Bogordaily.net seperti batuk, pilek, hingga demam sering disebut mirip dengan Covid-19 varian Omicron. Dokter spesialis paru dari RSUP Persahabatan, dr Erlina Burhan, SpP(K) menyebut gejalanya memang memiliki kesamaan dengan flu biasa. Bahkan banyak pasien yang ditangani dr Erlina juga mengeluhkan gejala lainnya seperti . Tetapi hal ini tidak bisa dikatakan sebagai gejala khusus Omicron.

itu mungkin ekspresi orang juga mengatakan badannya nggak enak, tapi (pada pasien Omicron ada) sakit tenggorok, nyeri tenggorok, batuk, nyeri kepala, hidung tersumbat, meler atau pilek, kadang disertai juga dengan demam,” ujar dr Erlina seperti dikutip dari Detik.com.

Lalu bagaimana membedakan dengan flu biasa? Erlina yang juga Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) menyebut hal yang sangat membedakannya adalah kerap mengalami sakit tenggorokan sedangkan kalau flu biasa sangat jarang merasakan nyeri tenggorokan.

“Gejalanya memang mirip-mirip flu, tapi ada yang khas. Kalau flu itu jarang sekali sakit tenggorokan, nyeri tenggorokan. Kalau pada Covid-19, banyak sekali pasien saya 60 persen saya kira rata-rata berhubungan dengan saluran napas,” jelasnya.

Menurutnya, selain menimbulkan gangguan pada saluran pernapasan, batuk kering yang disertai dengan pilek juga merupakan gejala khas Omicron.

“Biasanya batuknya kering, kemudian disertai hidung tersumbat. Di hidung ada beberapa, ada yang merasa hidung tersumbat, ada yang merasa pilek,” terangnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here