Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaBenarkah Vaksinasi Covid-19 Kurangi Kesuburan Pria? Simak Penjelasan Dokter AS

Benarkah Vaksinasi Covid-19 Kurangi Kesuburan Pria? Simak Penjelasan Dokter AS

Bogordaily.netSebuah studi mengungkap infeksi Covid-19 dapat mengurangi kesuburan lelaki sebesar 18 persen dalam waktu sementara. Namun, vaksinasi tidak menyebabkan efek negatif pada kesuburan lelaki.

“Datanya jelas: vaksinasi Covid-19 pada pasangan lelaki atau wanita tidak memengaruhi kemungkinan pembuahan,” kata Kepala Penasihat Medis Gedung Putih Dokter Anthony Fauci pada konferensi pers, mengutip sebuah penelitian yang diterbitkan minggu ini di American Journal Epidemiology seperi dikutip Suara.com dari NY Post.

Para peneliti memeriksa 2.126 wanita di AS dan Kanada antara Desember 2020 dan September 2021 sebelum dan sesudah mereka divaksinasi dan menemukan bahwa suntikan tidak berdampak pada pembuahan.

Akan tetapi, sementara 18 persen lebih kecil kemungkinannya untuk hamil jika pasangan lelaki telah terinfeksi COVID-19 dalam waktu 60 hari.

“Penyakit Covid-19 untuk sementara mengurangi kesuburan lelaki,” kata Fauci.

Sebuah studi terpisah yang diterbitkan minggu lalu di jurnal Obstetrics & Gynecology, menemukan bahwa vaksinasi Covid-19 juga tidak berdampak pada keberhasilan “stimulasi ovarium” pada wanita yang melakukan IVF.

Fauci mengatakan dia mempresentasikan penelitian untuk memerangi informasi yang salah yang menyatakan mRNA membuat lebih sulit untuk hamil.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan Juni juga menemukan bahwa lelaki yang menerima vaksin Pfizer atau Moderna Covid-19 tidak mengalami penurunan jumlah atau kualitas sperma.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here