Thursday, 2 May 2024
HomeBeritaBiji Kedelai Bermanfaat untuk Cegah Kanker Payudara Lho!

Biji Kedelai Bermanfaat untuk Cegah Kanker Payudara Lho!

Bogordaily.net– Biji kedelai memiliki banyak manfaat untuk . Peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menemukan bahwa biji kedelai memiliki potensi manfaat untuk mencegah .

Hal ini sebagaimana hasil penelitian disertasi apt. Numlil Khaira Rusdi, S. Farm yang menemukan potensi biji kedelai mampu menghambat perkembangan sel .

“Meningkatnya konsumsi produk kedelai menurunkan risiko ,” ujar Numlil dalam sidang uji promosi doktor Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) beberapa waktu lalu, seperti dikutip dari Suara.com.

Numlil menjelaskan dalam hasil riset dan penelitian yang dilakukan pada tikus yang dimodifikasi kanker, lalu diberi ekstrak biji kedelai yang memiliki sifat fitoestrogen, punya khasiat selaiknya hormon.

Sehingga biji kedelai yang mengandung fitoestrogen, mampu melawan dan menekan perkembangan sel tumor dan kanker, khususnya .

“Hasil meta analisis menunjukan konsumsi tinggi produk kedelai, yang mengandung fitoestrogen dapat menurunkan risiko terkait estrogen reseptor (ER),” terang Numlil.

Sebagian besar penderita memiliki sel kanker reseptor estrogen positif, yang disebut sebagai ER positif. Sehingga dalam penelitian tersebut, jika ER mampu ditekan perkembangannya dengan konsumsi ekstrak biji kedelai yang bekerja selaiknya terapi hormon pada pasien , maka konsumsi biji kedelai bisa mencegah dan menekan pertumbuhan kanker.

Ini jugalah menurut Numlil, di berbagai penelitian menyebutkan perempuan Asia lebih rendah alami dibanding perempuan Eropa sebab banyak mengkonsumsi produk kedelai.

“Meningkatnya konsumsi produk kedelai menurunkan risiko . Efek proteksi ini juga disebabkan kebiasaan wanita Asia mengonsumsi produk kedelai sejak dini dan terus menerus,” kata Numlil.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here