Saturday, 18 May 2024
HomeBeritaBursa Transfer Capai Rp5,7 triliun, Klub-klub Liga Inggris Mulai Pulih dari Krisis...

Bursa Transfer Capai Rp5,7 triliun, Klub-klub Liga Inggris Mulai Pulih dari Krisis Pandemi

Bogordaily.net Januari baru saja ditutup pada 31 Januari 2022. Klub-klub mencatatkan total nilai transaksi sebesar 295 juta paun atau sekitar Rp5,7 triliun. Nilai ini menandai klub-klub mulai pulih dari krisis pandemi COVID-19.

Dikutip Detik.com, nilai itu adalah yang kedua terbesar dalam sejarah transaksi musim dingin di , setelah total 430 juta paun pada 2018 silam. Sebagai perbandingan, tahun lalu hanya membelanjakan 70 juta paun sepanjang Januari.

Seluruh empat liga top Eropa lainnya yakni LaLiga, Bundesliga, Serie A, dan Ligue 1 total mencatatkan belanja pemain sebesar 317 juta paun di Januari ini. Itu berarti hanya berjarak 22 juta paun dari total belanja sendirian.

Nilai transaksi di Januari ini mengindikasikan bahwa klub-klub mulai pulih dari krisis akibat pandemi COVID-19. Sebagai catatan, lebih dari separuh transaksi itu dilakukan oleh klub-klub lima terbawah, dengan nilai 150 juta paun.

ini mengindikasikan bahwa tekanan finansial dari COVID ke klub-klub mulai mereda, dengan pembelanjaan secara jelas kembali ke level sebelum pandemi,” ungkap Kepala bidang Grup Bisnis Olahraga di firma keuangan Deloitte, Dan Jones.

Kata dia, Premier League terus memimpin jalan secara global, mempertahankan statusnya sebagai liga sepakbola domestik terbesar di dunia dalam hal finansial.

“Sekali lagi didukung oleh stadion yang penuh dan suksesnya mengamankan kesepakatan penyiaran yang kuat di luar negeri,” imbuhnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here