Thursday, 2 May 2024
HomeNasionalBus Pariwisata Kecelakaan, Tewaskan 13 Orang di Bantul

Bus Pariwisata Kecelakaan, Tewaskan 13 Orang di Bantul

Bogordaily.net terjadi di Jalan Dlingo-Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Minggu, 6 Februari 2022. Sebuah menabrak tebing dekat Bukit Bego dan menyebabkan 13 orang meninggal dunia serta puluhan lainnya luka-luka.

Informasi yang dihimpun kecelakaan tunggal bermula saat membawa rombongan dari Solo menuju Pantai Parangtritis.

Kapolres Bantul AKBP Ihsan mengatakan bus mengalami oleng sejak sebelum melewati turunan di Jalan Dlingo-Imogiri. Bus kemudian menghantam tembok tebing usai sopir banting stir. Para korban baik luka maupun tewas saat ini berada di tiga rumah sakit. “Ada yang masih dalam penanganan di RS PKU Muhammadiyah Bantul, RS Panembahan Senopati dan RS Nur Hidayah,” kata Ihsan dilansir Suarajogja.com.

Kasatlantas Polres Bantul, AKP Gunawan Setiyabudi menyebut hingga kini pihaknya masih menyelidiki kecelakaan itu.

“Kalau kejadiannya bus dari atas lalu turun ke bawah dan menghantam pembatas jalan sampai akhirnya terjadi laka. Dari awal sudah oleng, diduga rem blong,” terang Gunawan.

Sementara itu di lokasi, Satlantas Polres Bantul mengamankan sejumlah barang. Beberapa di antaranya adalah spedometer bus tersebut.

Kanit Gakkum Sat Lantas Polres Bantul, Iptu Maryono  menjelaskan, barang tersebut diamankan untuk mengetahui berapa kecepatan bus rombongan dari Solo itu ketika turun.

“Kalau prediksi kecepatan itu sekitar 40 km/jam. Tapi perlu kami dalami lagi,” ujar Maryono.

Maryono belum bisa memastikan kondisi rem bus apakah dalam kondisi baik atau tidak. Meski demikian ada dugaan terjadinya rem blong.

“Masih kami dalami lagi kondisi rem bus itu. Apakah baik atau tidak, kami belum mengetahui secara detail,” terang dia.

Hingga pukul 19.15 WIB, petugas gabungan masih melakukan evakuasi bus. Kondisi gelap menjadi sedikit kendala di lapangan.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here