Friday, 10 May 2024
HomeBeritaCara Sederhana Agar Cepat Sembuh dari Omicron, Coba Lakukan Ini

Cara Sederhana Agar Cepat Sembuh dari Omicron, Coba Lakukan Ini

Bogordaily.net–Gejala Covid-19 varian Omicron disebut lebih ringan dari varian lainnya. Proses pemulihan hingga sembuh pun bagi sebagian orang dianggap relatif lebih mudah. Di antaranya dengan melakukan hal-hal sederhana. Dokter paru senior dari RS Persahabatan dr Erlina Burhan, SpP(K) menjelaskan gejala COVID-19 pada varian Omicron memang mirip flu, meski tidak sama persis. Namun, sebaiknya tidak diremehkan karena tetap bisa berdampak fatal pada kelompok berisiko.

“Gejalanya memang variasi dari orang-ke orang,” kata dr Erlina, dalam siaran Radio Kesehatan Kementerian Kesehatan, seperti dilansir Detik.com. Beberapa cara simpel untuk mempercepat proses penyembuhan adalah sebagai berikut:

Istirahat

Sebagaimana penyakit akibat virus lainnya, Covid-19 juga bersifat self limitting disease. Penyakit ini pada dasarnya akan sembuh dengan sendirinya ketika sistem kekebalan tubuh mampu mengatasinya. Istirahat yang cukup adalah salah satu cara mengoptimalkan sistem imun.

“Jadi tujuan isolasi mandiri adalah bukan hanya mengurung diri, tetapi sebetulnya untuk istirahat. Tubuh Anda diberikan istirahat karena memang sedang ada virus dan virus itu bisa saja membuat berbagai perubahan-perubahan sistem,” kata dr Erlina.

Makan makanan bergizi

Sistem imun tubuh membutuhkan nutrisi yang baik untuk bisa berfungsi dengan optimal. Oleh karena itu dr Erlina menyarankan untuk menjaga diet atau pola makan dengan nutrisi seimbang.

“Karbohidratnya ada, proteinnya ada yang bisa dari ikan, daging ayam, atau sapi, atau bisa dari telur juga bisa. Pokoknya karbohidrat, protein ataupun lemak, juga vitamin, sayuran, dan buah-buahan,” papar dr Erlina.

Olahraga

Olahraga dalam rangka pemulihan kondisi bukanlah olahraga dengan intensitas tinggi, melainkan intensitas ringan-sedang yang ditandai dengan napas yang tidak sampai ngos-ngosan. Terlalu berat berolahraga justru bisa membuat tubuh makin drop. Perlu diperhatikan pula, seseorang yang terinfeksi bisa menularkan kembali virus Omicron ke orang lain. Olahraga untuk pemulihan hanya boleh dilakukan di lingkungan yang terkontrol misalnya di rumah sendiri.

Berjemur

Salah satu cara mudah untuk meningkatkan imun tubuh adalah berjemur. Ada banyak perhitungan untuk menentukan waktu terbaik untuk berjemur, salah satunya UV index. Tetapi untuk mudahnya, berjemur bisa dilakukan selama 10-15 menit antara pukul 09.00 hingga 13.00.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here