Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaCulik Pedagang Kripto, Polisi India Minta Tebusan Bitcoin Rp574 Miliar

Culik Pedagang Kripto, Polisi India Minta Tebusan Bitcoin Rp574 Miliar

Bogordaily.net–Dituduh menculik pedagang aset kripto dan meminta uang tebusan Bitcoin senilai $40 juta atau sekitar Rp574 miliar, .

Menurut laporan AFP seperti dilansir CNN, polisi bernama Dilip Tukaram Khandare itu bersama tujuh orang kaki tangannya.

Khandare disebut telah mengetahui bahwa sesama penduduk Pune, dekat ibukota Mumbai, memiliki dompet Bitcoin yang menguntungkan dan menyusun rencana untuk menculiknya.

Ia dan rekan-rekannya diduga menculik seorang pedagang aset kripto Vinay Naik yang berusia 38 tahun. Pelaku juga meminta agar dia mentransfer seluruh kepemilikan mata uang digitalnya, senilai tiga miliar rupee ($40 juta) –sekitar Rp574 miliar- bersama dengan uang tunai senilai 800 ribu rupee.

“Kami telah menahan delapan orang termasuk seorang polisi yang merencanakan penculikan itu,” kata seorang perwira polisi senior di India kepada AFP.

Sementara itu cryptocurrency sebagian besar tetap tidak diatur di India meskipun platform perdagangan lokal yang berkembang dan dukungan selebriti yang mewah menarik jutaan pedagang baru.

Pasar yang sedang berkembang ini sempat dilarang pada 2018 setelah lonjakan transaksi penipuan tetapi pembatasan dicabut oleh Mahkamah Agung dua tahun kemudian.

Pemerintah setempat minggu ini berencana mengumumkan pajak 30 persen atas keuntungan dari mata uang virtual dan pengenalan ‘rupee digital' yang didukung oleh bank sentral India. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here