Thursday, 9 May 2024
HomeBeritaDeretan Negara yang Mencabut Wajib Masker Saat Covid Menggila

Deretan Negara yang Mencabut Wajib Masker Saat Covid Menggila

Bogordaily.net–Sejumlah negara di dunia telah mencabut aturan terkait pembatasan di masa pandemi. Di antara negara tersebut juga tak lagi mewajibkan warganya memakai masker. Dilansir dari CNNIndonesia.com, berikut deretan negara tersebut.

Denmark

Denmark mencabut aturan wajib pemakaian masker yang mulai berlaku Selasa, 1 Februari meski kasus Covid-19 masih tinggi. Dengan kebijakan ini, mereka bersiap untuk hidup berdampingan dengan virus corona. Sejumlah pejabat kesehatan menyatakan, ini merupakan saat yang tepat melonggarkan pembatasan karena kasus Covid-19 disebut sebenarnya sudah berangsur turun beberapa waktu terakhir, walau masih tinggi.

Prancis

Prancis juga mulai mencabut aturan wajib pakai masker di luar ruangan sejak Rabu, 2 Februari 2022. Prancis mencabut pembatasan karena mereka yakin angka vaksinasi akan naik seiring dengan aturan baru mengenai kartu vaksin.

Prancis tak lagi menerapkan batasan kapasitas pengunjung aula konser, pertandingan olahraga, dan acara lain. Pemerintah juga tak lagi mewajibkan aturan bekerja dari rumah.

Kini penduduk wajib memiliki kartu vaksin untuk bisa mengakses seluruh layanan negara itu, mulai dari bar, restoran, dan transportasi publik jarak jauh.

Selain itu, Prancis menilai ancaman varian yang mendominasi kasus Covid-19 saat ini, Omicron, tak lebih berbahaya dibandingkan varian sebelumnya.

Inggris

Inggris telah dulu mencabut aturan wajib masker dan meninggalkan sejumlah pembatasan Covid-19. Selain mencabut aturan masker, pemerintahan Boris Johnson juga mengizinkan warga kembali bekerja di kantor. Kartu Covid-19 juga tak lagi diperlukan sebagai syarat masuk ke acara tertentu atau dalam pertemuan besar.

Kebijakan itu diterapkan meski kasus Covid-19 di Inggris masih tinggi. Namun, pemerintah mengklaim gelombang Covid-19 varian Omicron telah mencapai puncak dan akan berangsur turun.

Australia Barat

Pemerintah negara bagian Australia Barat di Australia juga mencabut mandat wajib masker baik di dalam ruangan maupun di luar untuk wilayah Perth dan Peel. Pemakaian masker hanya diperlukan di tempat yang memiliki risiko tinggi atau rentan seperti di rumah sakit atau di tempat perawatan lansia dan disabilitas serta transportasi umum. Untuk memasuki area publik, pemerintah hanya mensyaratkan bukti vaksinasi.

Colorado, Amerika Serikat

Sejumlah kota di Colorado, Amerika Serikat, juga akan mencabut aturan wajib masker akhir pekan ini. Kota itu di antaranya, Denver, Adams, dan Arapaho. Meski demikian, pandemi Covid-19 masih menjadi penyakit darurat dalam kesehatan masyarakat. Warga pun diingatkan terkait penggunaan masker yang diperlukan di masa mendatang.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here