Tuesday, 14 May 2024
HomeHiburanDulu Pemeran, Ini Deretan Mantan Artis Cilik yang Jadi Sutradara

Dulu Pemeran, Ini Deretan Mantan Artis Cilik yang Jadi Sutradara

Bogordaily.net– menarik perhatian lewat debut filmnya berjudul Kukira Kau Rumah. Film ini sukses ditonton lebih dari 1 juta penonton hanya dalam waktu 1 minggu penayangan. Tak hanya Umay, deretan artis cilik ini juga pernah menjadi dan bekerja di balik layar. Berikut ulasannya seperti dilansir Suara.com, Jumat, 11 Februari 2022.

Umay Shahab

Umay Shahab mengawali kariernya sebagai dengan mengarahkan film Kukira Kau Rumah yang diproduseri dan dibintangi Prilly Latuconsina. Debut penyutradaraan Umay sukses mengantarkannya sebagai termuda untuk film Indonesia yang berhasil masuk box office.

Usia Umay yang kini 20 tahun menggeser posisi Bayu Skak sebagai box office termuda pada 2019. Umay juga patut berbangga karena film Kukira Kau Rumah menjadi film kedua yang meraih 1 juta penonton di era pandemi Covid-19 sekaligus yang pertama sepanjang tahun 2022.

Leony Vitria

Leony Vitria dikenal sebagai personel grup penyanyi cilik, Trio Kwek Kwek. Namun di usia 24 tahun, Leony memilih bekerja di balik layar daripada melanjutkan kariernya sebagai penyanyi. Ia mengawali karier di balik layar dengan menjadi asisten Aria Kusumadewa dalam film Kentut (2011). Leony rupanya lebih memilih mempelajari teori penyutradaraan lewat otodidak ketimbang pendidikan formal.

Mantan kekasih Eross Candra tersebut juga sesekali masih berperan di film layar lebar. Film terakhir yang dibintanginya adalah Bidadari Mencari Sayap (2020).

Esa Sigit

Esa Sigit mengawali kariernya sebagai artis cilik di usia 11 tahun. Sempat belajar bisnis, Esa Sigit banting setir kuliah di jurusan Penyutradaraan Film Institut Kesenian Jakarta untuk mewujudkan mimpinya mendirikan Production House.

Esa Sigit memang jarang muncul di layar kaca maupun film layar lebar. Fokus di belakang layar, Esa Sigit telah menyutradarai sejumlah film pendek dengan cerita yang berkesan.

Beberapa judul film garapannya adalah Matih (2013), Kertas Opini (2013), Belajar Menghitung (2013), dan Terlelap Dalam Sunyi (2021). Esa Sigit juga sekaligus menjadi produser di film Matih dan Terlelap Dalam Sunyi.

Anbo Onthoceno

Anbo Onthoceno tak asing lagi bagi pecinta sinetron Cinta Fitri. Anbo berperan sebagai Yuga dari musim pertama hingga keenam dalam sinetron yang dibintangi Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu tersebut. Anbo melanjutkan pendidikan di jurusan Penyutradaraan Film Institut Kesenian Jakarta. Karier Anbo sebagai aktor masih berjalan hingga sekarang. Terakhir, Anbo berperan sebagai Dirga di serial YouTube Gue Harus Move On.

Untuk karier , Anbo telah mengarahkan film Indie Pesawat Styrofoam, Ego, Bodo Amat, Kualat, Berjarak Sejenak, hingga yang terbaru Mavourneen. Video klip lagu Gundah Gulana oleh Gusti Bambang Ekayasa juga disutradarai Anbo Onthoceno.

Derby Romero

Derby Romero juga mencoba peruntungannya menjadi dengan mengarahkan film horor Mati Anak pada 2019. Derby mengarahkan film produksi Pichouse Film yang dibintangi sejumlah aktor ternama, seperti Cinta Laura dan Irsyadillah yang telah dikenal sebagai pemain profesional.

Kualitas akting dan chemistry para pemain diakui Derby sangat membantunya dalam mengarahkan film debutnya sebagai itu. Derby Romero selanjutnya menyutradarai film Gas Kuy (2021) dan perdana menjadi produser sekaligus aktor untuk film Sekte (2019).***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here