Thursday, 25 April 2024
HomeNasionalFenomena Unik, Indonesia Akan Dilanda Hari Tanpa Bayangan!

Fenomena Unik, Indonesia Akan Dilanda Hari Tanpa Bayangan!

Bogordaily.net – Pada akhir bulan Februari ini akan terjadi suatu dan jarang terjadi di Bumi. Matahari akan tepat berada tepat di atas daratan Indonesia. Yang mana ini berarti bahwa kamu akan menemukan karena bayangan akan lurus dengan tubuh yang sebenarnya.

Peneliti Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (), menjelaskan bahwa Indonesia berada di 6 derajat Lintang Utara hingga 11 Lintang Selatan dan dibelah oleh garis khatulistiwa.

Dengan lokasi geografis tersebut, Matahari akan berada di atas Indonesia ketika tengah hari pada 21 Februari hingga 5 April 2022.

Sebenarnya, ini bisa saja terjadi dan diamati saat tengah hari. Namun, fenomena tersebut hanya terjadi beberapa jam saja. Sementara pada bulan Februari hingga Maret nanti, dapat diamati lebih dari biasanya.

Hal ini lantaran tanpa bayangan Matahari hanya terjadi dua kali dalam setahun untuk kota-kota yang terletak di Garis Balik Utara dan Garis Balik Selatan. Sementara kota-kota lainnya hanya akan mengalami fenomena ini sekali dalam satu tahun.

Pada Februari ini, Matahari akan terjadi di kota Banyuwangi, Provinsi D.I.Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara, dan beberapa kota di Maluku dan juga Papua.

Sementara pada awal Maret, fenomena ini akan terjadi di sebagian wilayah Sumatera, sebagian besar Jawa, Kalimantan, Sulawesi, sebagian wilayah Maluku, serta Papua.

Sedangkan kota lainnya akan mengalami fenomena alam unik ini pada bulan April 2022.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here