Tuesday, 30 April 2024
HomeNasionalGanjar Pranowo: Pulang Dari Desa Wadas, Pemrov Jawa Tengah Siap Dampingi Warga...

Ganjar Pranowo: Pulang Dari Desa Wadas, Pemrov Jawa Tengah Siap Dampingi Warga di Desa Wadas

Bogordaily.net melakukan proyek pembangunan bendungan Bener, Purworejo, Senin, 14 Februari 2022, dalam rapat Ganjar mengatakan Pemrov Jawa Tengah siap dampingi warga .

Selain evaluasi masalah teknis, ia juga menyoroti laporan adanya dugaan kekerasan saat pengukuran lahan oleh BPN beberapa waktu lalu.

Ganjar hari Minggu kemarin sempat datang lagi ke untuk menemui warga dan mendengarkan penuturan mereka secara langsung.

Menurutnya, warga menerima dengan sangat baik, dan mereka terbuka karena kedatangannya dengan pendekatan yang membuat warga merasa nyaman.

“Saya membuktikan, kemarin saya ke sana ternyata masyarakat yang kontra bisa saya ajak komunikasi baik-baik. Intinya cara pendekatannya harus smooth, tidak boleh ada kekerasan kecuali ada ancaman,” tegasnya.

Sejak awal, kata Ganjar, sudah ada kesepakatan bahwa tidak boleh ada kekerasan. Kalau terjadi kekerasan seperti saat itu, Ganjar menyerahkan kepolisian khususnya Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi untuk melakukan evaluasi.

“Desain awal, kami sepakat tidak ada kekerasan. Bahwa kemudian lapangan terjadi, sangat mungkin itu. Jadi monggo Kapolda melakukan evaluasi sendiri, sehingga nanti secara institusional kita bisa memberikan dukungan dengan baik, dan dampingi mereka” ungkapnya.

Ganjar juga mengatakan dari Pemprov Jateng sudah siap melakukan pendampingan pada warga Wadas. Informasi yang diterima saat ia ke Wadas, banyak masyarakat trauma, anak-anak jadi sasaran bullying.

“Kami siap bantu, semua OPD saya perintahkan turun. Kalau masyarakat setuju, besok langsung kita terjunkan untuk mendampingi perempuan, anak, membantu program pengentasan kemiskinan, memberikan trauma healing dan sebagainya,” ungkapnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here