Saturday, 20 April 2024
HomeEkonomiGuna Meringankan Keluarga Rentan, Pemerintah Mempercepat Turunnya BLT Desa 2022

Guna Meringankan Keluarga Rentan, Pemerintah Mempercepat Turunnya BLT Desa 2022

Bogordaily.net akan pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa tahun anggaran 2022. Tujuannya agar beban keluarga miskin dan rentan yang ada di desa.

Sebagai program jaring pengaman sosial, percepatan pencairan BLT ini akan makin efektif, sesuai dengan tujuannya.

“Sesuai arahan Bapak Presiden, kami akan lakukan percepatan untuk pencairan BLT Dana Desa ini. Tahun 2022 yang sudah dicairkan per 17 Februari masih Rp354 miliar alias 9,62% dari total pencairan Dana Desa. Hal ini lebih cepat dibandingkan dengan tahun 2021 yang hanya menyentuh di angka Rp93 miliar,” kata Gus Halim dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat 18 Februari 2022.

Gus Halim menyatakan, selain untuk mengefektifkan jaring pengaman sosial, langkah percepatan pencairan BLT Dana Desa dilakukan salah satunya untuk memaksimalkan pendampingan penyusunan APBDes, serta membantu keluarga miskin dan .

Pasalnya, saat ini terbentur dengan polemik syarat minimal BLT Dana Desa 40 persen dari total keseluruhan Dana Desa.

Padahal, kata Gus Halim, syarat minimal 40 persen itu tidak harus terpenuhi apabila Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di desa tersebut sudah mendapatkan semuanya atau sudah mendapat bantuan dari jaringan pengaman sosial lainnya.

“Kalau dihitung jumlah KPM-nya tidak perlu 40 persen ya, jangan dipaksakan 40 persen, daripada kemudian tidak berhak menerima, tapi mendapat BLT Dana Desa hanya karena semata-mata ingin memenuhi syarat 40 persen,” terangnya.

Selanjutnya, Gus Halim juga akan memaksimalkan pendampingan dalam meng-update perubahan jumlah maupun nama KPM.

Pasalnya, banyak Kepala Desa yang masih terjebak dalam persoalan tersebut sehingga membuat pencairan BLT Dana Desa terhambat.

“Banyak warga yang awalnya dapat BLT Dana Desa karena kehilangan pekerjaan, tapi tahun ini tidak dapat dengan alasan perekonomian sudah pulih, itu demo ke Balai Desa,” katanya.***

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here