Wednesday, 8 May 2024
HomeBeritaGunung Ethna Erupsi Menyemburkan Asap Panas, Bandara Ditutup

Gunung Ethna Erupsi Menyemburkan Asap Panas, Bandara Ditutup

Bogordaily.net – Gunung Etna , salah satu gunung berapi paling aktif dunia, menyemburkan asap dan abu saat Senin, 21 Februari 2022. Bandara Catania, Sisilia pun terpaksa ditutup.

Institut Nasional Geofisika dan Vulkanologi (INGV) mengatakan awan panas mencapai ketinggian 10 kilometer atas kawah sisi tenggara gunung berapi.

“Berdasarkan model prakiraan, (awan panas) mengarah ke Tenggara,” kata INGV melalui Twitter (@INGVvulcani), dilansir dari The Straits Times, Selasa, 22 Februari 2022.

Bandara terdekat, Bandara Internasional Vincenzo Bellini tutup pada jam makan siang pada Senin. Operasional bandara kembali dibuka sekitar dua jam setelahnya, dengan sejumlah penerbangan mengalami penundaan.

Akibat semburan Gunung Etna, abu menyelimuti sejumlah jalan, balkon, dan atap kota dekatnya.

INGV mencatat adanya peningkatan bertahap tremor vulkanik-seismik yang disebabkan oleh keluarnya gas. Ini dapat menandakan Etna akan kembali erupsi spektakuler dan kemudian menyebabkan hujan abu, yang disebut sebagai erupsi paroksismal.

Memiliki tinggi 3.324 meter, Gunung Etna adalah gunung berapi aktif tertinggi Eropa dan sering meletus dalam 500.000 tahun terakhir.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here