Thursday, 2 May 2024
HomeEkonomiHarga Minyak Mentah Menguat, Tembus USD91 Per Barel

Harga Minyak Mentah Menguat, Tembus USD91 Per Barel

Bogordaily.net dunia bergerak menguat pada perdagangan akhir pekan lalu. Penguatan ini memperpanjang kenaikan tajam di sesi sebelumnya karena cuaca dingin melanda sebagian besar wilayah Amerika Serikat.

Brent naik 34 sen ke harga USD91,45 per barel setelah naik USD1,16 pada hari Kamis, dikutip dari Suara, Senin 7 Februari 2022.

Sementara West Texas Intermediate AS naik 46 senke harga USD90,73 per barel, setelah naik USD2,01 sen pada hari sebelumnya untuk menetap di atas USD90 untuk pertama kalinya sejak 6 Oktober 2014. Kedua tolok ukur menuju kenaikan mingguan ketujuh berturut-turut.

WTI melonjak di atas level $90 setelah ledakan Arktik menuju Texas dan mengganggu beberapa produksi minyak di Permian Basin,” kata Edward Moya, analis senior di OANDA.

Badai musim dingin yang dahsyat menyapu Amerika Serikat bagian tengah dan Timur Laut pada hari Kamis di mana badai itu membawa salju dan es yang lebat, membuat perjalanan menjadi berbahaya, melumpuhkan ribuan listrik dan menutup sekolah-sekolah di beberapa negara bagian.

Sementara itu ketegangan geopolitik di Eropa Timur dan Timur Tengah juga telah memicu kenaikan tajam minyak, yang telah mendorong Brent berjangka naik 17 persen dan WTI sebesar 20 persen sepanjang tahun ini.

Amerika Serikat memperingatkan bahwa Rusia berencana menggunakan serangan bertahap sebagai pembenaran untuk menyerang Ukraina.

Presiden Rusia Vladimir Putin menyalahkan NATO dan Barat atas meningkatnya ketegangan, sekalipun ia telah memindahkan ribuan tentara ke dekat perbatasan Ukraina.

“Dengan risiko geopolitik di Ukraina dan hanya peningkatan bertahap produksi oleh OPEC +, harga diperkirakan akan menuju USD100 per barel,” kata Chiyoki Chen, kepala analis di Sunward Trading.

Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya yang dipimpin oleh Rusia, yang dikenal sebagai OPEC +, sepakat awal pekan lalu untuk tetap mempertahankan kenaikan moderat sebesar 400.000 barel per hari (bph) dalam produksi minyak.

Aliansi tersebut menyatakan telah berjuang untuk memenuhi target yang ada dan meskipun ada tekanan dari konsumen untuk meningkatkan produksi lebih cepat.

Namun, dalam jangka menengah, beberapa analis memperkirakan pasar minyak akan mengalami surplus segera pada kuartal berikutnya, membantu mengerem lonjakan harga baru-baru ini.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here