Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaHari Pers Nasional, Puan Maharani: Tantangan Jurnalis ke Depan Sangat Berat

Hari Pers Nasional, Puan Maharani: Tantangan Jurnalis ke Depan Sangat Berat

Bogordaily.net – Ketua DPR RI, Puan Maharani menilai, Indonesia memiliki peran dalam menangkal dan melawan informasi bohong atau hoaks yang beredar di masyarakat.

“Saya mengapresiasi kerja-kerja jurnalistik yang dilakukan media massa dalam melawan berita bohong pada peringatan (HPN) yang jatuh setiap tanggal 9 Februari. Saya mengucapkan selamat 2022,” kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Rabu 9 Februari 2022.

Dia menilai, “banjir” informasi tidak terkendali atau infodemi telah menyebar ke ruang-ruang publik lewat berbagai platform digital. Fenomena tersebut, menurut dia menyebabkan, masyarakat banyak terpapar hoaks.

“Misalnya hoaks tentang vaksin. Media massa mempunyai tugas penting untuk meluruskan mis-informasi dan berbagai hoaks tersebut,” ujarnya.

Puan mengatakan, tantangan saat ini adalah untuk membantu masyarakat mendapatkan informasi yang akurat. Dia menilai, jurnalisme harus hadir sebagai lembaga “clearing house” untuk memverifikasi isu-isu yang beredar di masyarakat.

“Saya mengapresiasi media massa yang telah melakukan verifikasi melalui ‘fact-cheking‘ untuk meluruskan berita-berita bohong, terutama dalam penanganan COVID-19 dan vaksinasi,” katanya.

Puan juga berharap, tidak melupakan kewajiban untuk mengedukasi masyarakat terutama karena merupakan pilar keempat dalam demokrasi.

Karena itu menurut dia, fungsi untuk mendidik masyarakat dengan meluruskan isu-isu hoaks juga berjalan dalam bidang lainnya, untuk mencegah “infodemi” lainnya.

Dia juga mengingatkan, agar harus senantiasa berpegang teguh terhadap kewajiban untuk mengedepankan kepentingan umum.

Karena itu, Puan berharap, para pekerja menjunjung tinggi asas pemenuhan hak masyarakat untuk mendapat informasi yang akurat, jujur, dan berimbang.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here