Friday, 3 May 2024
HomePolitikHasil Survei SMRC Ungkap Elektabilitas PDIP dan Gerindra di Jawa Barat

Hasil Survei SMRC Ungkap Elektabilitas PDIP dan Gerindra di Jawa Barat

Bogordaily.netSaiful Muzani Research & Consulting () merilis terbarunya terutama terkait elektabilitas partai politik di wilayah . Hasilnya berdasarkan survei tersebut, justru berada di urutan teratas disusul dan PKS di posisi ketiga.

“Jika Pemilu diadakan waktu sekarang atau di waktu ketika survei kami lakukan, mendapat dukungan 16 persen suara, relatif seimbang dengan yang mendapat dukungan 14,8 persen. Posisi selanjutnya ditempati PKS 9,2 persen,” kata Manager Program , Saidiman Ahmad dalam paparannya secara daring seperti dilansir dari Suara.com, Selasa, 15 Februari 2022.

Saidiman melanjutkan, Golkar berada di urutan ke empat dengan perolehan angka 8,1 persen, disusul Demokrat dengan angka 5,9 persen, kemudian PKB membuntuti dengan angka 5,1 persen.

Sementara itu, ada sejumlah partai yang hanya memperoleh suara di bawah 3 persen yakni Perindo 2,5 persen, PPP 2,1 persen, Nasdem 2 persen, PSI 0,5 persen dan PAN 0,4 persen.  Ada juga Hanura 0,3 persen, Garuda 0,2 persen, Partai Ummat 0,1 persen dan Berkarya 0,1 persen.

Meski demikian, Saidiman mengatakan, bagi elektabilitas partai di bawah 3 persen ini masih ada kesempatan. Sebab masih ada 32,7 persen responden yang tak menyebutkan partai mana yang dipilihnya.

“Dukungan terhadap partai-partai lain di bawah 3 persen dan masih ada 32,7 persen yang belum tahu atau tidak menjawab,” tambahnya.

Sementara itu survei dilakukan pada periode 5-8 Februari 2022 dengan melalui saluran telepon. Pemilihan sampel dilakukan metode double sampling dengan jumlah sampel sebanyak 640 dan random digit dialing (RDD) sebanyak 161.

Total sampel hasil kombinasi 2 metode tersebut sebanyak 801 responden. Adapun, margin of error survei diperkirakan ± 3,5% pada tingkat kepercayaan 95%.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here