Monday, February 6, 2023
HomeViralHeboh Belum Tes tetapi Hasil Positif Covid-19 Sudah Keluar, Lho Kok?

Heboh Belum Tes tetapi Hasil Positif Covid-19 Sudah Keluar, Lho Kok?

IIMS

Bogordaily.netSebuah video viral di media sosial menunjukkan seorang wanita yang komplain karena sudah mendapat surat yang menyatakan dirinya positif covid-19. Padahal, dirinya belum datang untuk mengikuti tes PCR. Kok, bisa?

Berasarkan informasi yang dilansir dari Suara.com, peristiwa terjadi pada Kamis, 3 Februari 2022. Wanita perekam video, awalnya membuat janji menjalani tes covid-19 di laboratorium Bumame Farmasi, kawasan SCBD, Jakarta Selatan.

Namun belum sampai menjalani tes, ia malah sudah menerima hasilnya yang menyatakan positif mengidap covid-19.

“Sementara sayanya belum datang. Ini kan aneh sekali, orang saya belum datang kok sudah dikirimi hasil? Terus dua-duanya positif lagi,” protes wanita yang merekam video tersebut.

Padahal, wanita itu sudah berencana terbang ke Bali dan tentu saja memerlukan hasil negatif tes covid-19.

Dalam video tersebut, tampak pegawai laboratorium membandingkan hasil tes covid-19 yang dibawa si perekam video.

“Saya besok mau terbang ke Bali, saya enggak bisa dong. Karena kalian sudah bikin hasil tes palsu. Orang sayanya juga belum datang,” tambahnya. “Ini parah sekali lho kesalahan kalian.”

Mendapat komplain tersebut, pihak laboratorium melakukan investigasi singkat mengenai penyebab situasi yang terjadi. Salah satu pegawai laboratorium yang lain menyebut hasil yang diterima tersebut sebagai human error.

“Oh maaf, itu ada human error dari kami,” kata petugas laboratorium. “Nah yang selama ini yang hasil-hasil (tes COVID-19 pasien lain bagaimana)?” tanya perekam video yang langsung disangkal petugas lab.

“Jangan bilang enggak (bermasalah). Kejadian sama anaknya teman saya juga. Dua hari lalu dia tes positif, dia tes di 2 tempat lain tahunya negatif. Itu kan error-nya kalian parah sekali,” komplain perekam video lebih lanjut.

Menanggapi hal tersebut sejumlah warganet membanjiri komentar postingan Instagram @bumame_farmasi.

“Anak saya pcr di bumame bsd, dinyatakan positif padahal 100 persen sehat. Besoknya langsung cek lagi di tempat lain negatif. Hati-hati banyak human error di bumame… gak hanya anak saya.. banyak kasus bumame seperti ini. Orang sehat dibilang positif padahal negatif,” kata salah seorang warganet.

Sementara itu pihak Bumame Farmasi akhirnya angkat bicara, menjelaskan duduk perkaranya. Sambil menyampaikan maaf, Direktur Utama menekankan hal ini murni kekeliruan semata atau human error yang terjadi di lapangan.

“Kami menyebut bahwa kesalahan tersebut memang benar terjadi karena adanya kesalahan administrasi dari staf lapangan,” terangnya, dalam keterangan tertulis yang dikutip dari Detik.com, Kamis, 3 Februari 2022.

“Staf tersebut mengirimkan antigen dan PCR pelanggan lain yang mempunyai nama yang sama pada tanggal 2 Februari 2022,” lanjutnya.

Pihak Bumame Farmasi mengaku sudah memberikan teguran kepada staf terkait dan akan menjadi pelajaran ke depan untuk lebih teliti dalam pelaksanaan tes COVID-19.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Gabung dengan Kami

Loker Bogor Daily

Invitation Investor Gathering

Anton S Suratto

Perumda Tirta Pakuan

PAN Jawa Barat

Harlah PPP

Dirgahayu PDI Perjuangan

RSUD Ciawi

RSUD Leuwiliang

Antam

Harlah 1 Abad Nahdlatul Ulama

Perumda Tirta Kahuripan

Sienna Residence bogor

UIKA Bogor