Monday, 6 May 2024
HomeBeritaHeboh Soal Suara Azan, Ini Profil Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

Heboh Soal Suara Azan, Ini Profil Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

Bogordaily.net– belakangan menjadi perbincangan lantaran aturan volume pengeras suara di masjid hingga membuat perbandingan dengan gonggongan anjing. Siapa ? Berikut profil pria asal Rembang, Jawa Tengah yang akrab disapa Gus Yaqut atau Gus Tutut berikut ini.

Gus Yaqut merupkan adik kandung KH Yahya Cholil Staquf yang kini menjabat Ketua Umum PBNU. Kedua tokoh ini merupakan putra kiai kenamaan (alm) KH Cholil Bisri, kakak kandung dari KH Mustofa Bisri (Gus Mus. Dengan demikian Yaqut adalah kemenakan dari Gus Mus.

Melansir Detik.com dari situs DPR, Gus Yaqut dilahirkan di Rembang, 4 Januari 1975. Dia menyelesaikan pendidikan dasar dan menengahnya di kota kecil pesisir utara Jateng tersebut. Selanjutnya dia pernah meneruskan pendidikan di Jurusan Sosiologi Universitas Indonesia (UI), tetapi tidak tamat.

Sejak muda, Gus Yaqut aktif berorganisasi dan mendirikan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) cabang Depok di tahun 1996. Dia juga pernah menjabat sebagai ketua DPC PKB Kabupaten Rembang dari tahun 2001 hingga 2014. Melalui PKB pula, Gus Yaqut pernah menjadi Wakil Bupati Rembang periode 2005-2010. Selanjutnya dia mencalonkan diri sebagai bupati di Pilkada Rembang, tetapi gagal terpilih.

Dia juga sempat mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI Dapil Jateng X, tetapi gagal meraih kursi hingga akhirnya duduk di kursi parlemen setelah menggantikan Hanif Dhakiri yang kala itu dilantik menjadi Menteri Tenaga Kerja, melalui mekanisme pergantian antar waktu (PAW).

Gus Yaqut dilantik menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019. Di periode selanjutnya yakni 2019-2024, ia kembali terpilih menjadi anggota DPR RI dan menjabat Wakil Ketua Komisi II.  Pada 23 Desember 2020, dilantik Presiden Joko Widodo sebagai yang baru. Setelah dilantik, kala itu Yaqut berjanji akan ada terobosan-terobosan baru di kementerian.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here