Friday, 26 April 2024
HomeKota BogorHujan Seharian, Waspada Bogor Banjir

Hujan Seharian, Waspada Bogor Banjir

Bogordaily.net (), merilis data tentang prakiraan kondisi cuaca, suhu udara, kecepatan dan arah angin hingga tingkat kelembapan udara, di semua wilayah di Indonesia, termasuk Kota Bogor Minggi 27 Februari 2022.

Pada pukul 07:00 WIB, kondisi cuaca Kota Bogor mengalami hujan ringan dengan suhu 25° Celcius, kelembapan udara 80 persen, kecepatan angin 0 km/jam, arah angin dari Selatan.

Pada pukul 10:00 WIB, kondisi cuaca hujan ringan dengan suhu 26° Celcius, kelembapan udara 70 persen, kecepatan angin 10 km/jam, arah angin dari Barat Laut.

Selanjutnya pukul 13:00 WIB, kondisi cuaca mengalami hujan lebat dengan suhu 29° Celcius, kelembapan udara 70 persen, kecepatan angin 0 km/jam, arah angin dari Selatan.

Kemudian pada pukul 16:00 WIB, kondisi hujan sedang dengan suhu 27° Celcius, kelembapan udara 70 persen, kecepatan angin 0 km/jam, arah angin dari Selatan.

Lalu pukul 19:00 WIB, kondisi cuaca hujan ringan dengan suhu 24° Celcius, kelembapan udara 80 persen, kecepatan angin 0 km/jam, arah angin dari Selatan.

Kemudian pukul 22:00 WIB, kondisi cuaca hujan ringan dengan suhu 24° Celcius, kelembapan udara 85 persen, kecepatan angin 10 km/jam, arah angin dari Selatan.

Sementara itu sebelumnya diberitakan () memberi peringatan dini terkait kondisi cuaca di Jawa Barat.

Dalam dua hari kedepan memperkirakan cuaca di Jawa Barat berstatus waspada dan siaga. Kondisi tersebut berpotensi terjadinya banjir dan banjir bandang di beberapa wilayah di Jawa Barat termasuk Kota Bogor.

Kepala Stasiun Bandung Teguh Rahayu mengatakan, di Jawa Barat, beberapa wilayah yang berpotensi terjadi hujan ekstrem adalah Purwakarta, Majalengka, Cirebon, Bandung, Bogor Depok, Bekasi, Subang, Indramayu, Sumedang, Kuningan, Ciamis, Garut, dan lainnya.

Masyarakat pun diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan oleh kondisi cuaca ekstrem awal musim penghujan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

“Bagi yang sedang dalam perjalanan di jalan raya, apabila terjadi cuaca ekstrem seperti hujan deras disertai petir, diharap segera menepi dan masuk ke gedung, hindari berlindung dibawah pohon besar pada kondisi demikian menjauhi tebing jika berada di wilayah yang berbukit,” ujar Teguh dalam keterangannya beberapa waktu lalu.

Ketika terjadi hujan yang ekstrem ataupun hujan sedang dengan durasi lama masyarakat juga diminta menjauhi aliran sungai yang berpeluang meluap.***

(Ibnu Galansa Montazerry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here