Saturday, 27 April 2024
HomeEkonomiImbas Harga Kedelai Dunia, Harga Tahu dan Tempe Siap-Siap Naik

Imbas Harga Kedelai Dunia, Harga Tahu dan Tempe Siap-Siap Naik

Bogordaily.net–Naiknya harga kedelai di tingkat global berimbas pada harga dan . Beberapa bulan ke depan, harga dan bakal naik.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan Oke Nurwan menyatakan Indonesia masih ketergantungan produk kedelai impor.

Alhasil, bila harga kedelai global melonjak mau tidak mau harga produk turunan kedelai juga ikutan naik termasuk dan .

“Ketergantungan harga kedelai dunia tentunya berdampak pada harga kedelai di dalam negeri di tingkat perajin dan . Perajin ini harus membeli kedelai di harga tinggi dan tentunya akan pengaruhi harga di dan tempenya,” kata Oke dalam konferensi pers virtual seperti dikutip Detik.com, Jumat, 11 Februari 2022.

Harga kedelai pada minggu pertama Februari 2022 mencapai US$ 15,77 per bushel (1 bushel=27,2 kilogram/kg) atau Rp11.240 per kg di tingkat importir dalam negeri.

Menurut Oke, kenaikkan harga kedelai perkiraannya akan menyentuh puncaknya pada Mei dengan harga mencapai US$ 15,79 per bushel. Harga akan berjalan turun sampai Juli, tetapi masih tergolong tinggi atau sekitar US$ 15,74 per bushel.

Oke memperkirakan di tingkat perajin dan tempe harga kedelai akan bergerak tinggi di sekitar Rp11.500-12.000 per kg beberapa bulan ke depan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here