Friday, 29 March 2024
HomeEkonomiIni Alasan Tak Seharusnya Lunasi Utang KPR Lebih Cepat

Ini Alasan Tak Seharusnya Lunasi Utang KPR Lebih Cepat

Bogordaily.net–Terbebani cicilan yang umumnya memiliki tenor pelunasan sangat lama hingga belasan bahkan puluhan tahun, pasti membuat Anda ingin melunasinya. Namun, hal tersebut nyatanya tidak selalu berakhir buruk jika dijalani dengan sabar dan penuh pertimbangan. Malah, jika memaksakan diri untuk melunasi cicilan lebih cepat, ada beragam risiko yang siap menghampiri Anda. Yuk simak alasan berikut seperti dilansir dari Suara.com.

Dana Dapat Diinvestasikan dengan Suku Bunga Lebih Tinggi

mungkin menjadi pinjaman paling besar yang pernah Anda ajukan dalam hidup. Walaupun nantinya bisa menjadi aset yang berharga, dari segi keuangan, Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih besar saat mengalokasikan jumlah uang yang sama di instrumen investasi lainnya. Apalagi jika dana yang dimiliki lebih dari Rp1 miliar.

Lebih baik menggunakan dana yang tersedia untuk berinvestasi ketimbang melunasi cicilannya sekarang juga. Walaupun menjadi investor konservatif, memilih instrumen investasi reksa dana atau yang investasi lain dengan keuntungan paling tidak 3 persen bukanlah hal yang sulit.

Saat menggunakan dana tersebut untuk melunasi cicilan , Anda akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan uang tambahan hasil dari berinvestasi. Namun, kembali lagi, Anda tetap perlu memperhitungkan potensi keuntungan berinvestasi yang mungkin didapatkan. Jika ternyata keuntungannya tidak sebanding atau kurang berdampak pada keuangan, baru mungkin bisa dipakai untuk melunasi cicilan .

Lebih Leluasa Mengalokasikan Keuangan secara Tepat

Melunasi cicilan tentu menjadi kewajiban yang harus dijalani setiap bulan. Asalkan nominalnya terjangkau, melunasi cicilan tidak akan menjadi ancaman bagi keuangan. Kalau memiliki uang lebih, ketimbang menggunakannya untuk melunasi cicilan lebih cepat, Anda bisa menjadikannya sebagai modal di luar dari aktivitas investasi.

Sebagai contoh, dana tersebut bisa digunakan untuk melanjutkan pendidikan, membuka usaha, atau meningkatkan produktivitas kerja saat ini. Dengan begitu, Anda lebih berpeluang untuk mendapatkan tambahan penghasilan di masa depan dan meningkatkan kesejahteraan finansial.

Alih-alih melunasi cicilan lebih awal dan membuat kondisi keuangan tak berkembang, keputusan ini tentu jauh lebih baik dan bijak untuk dipilih, bukan? Oleh karena itu, hilangkan pikiran bahwa melunasi cicilan lebih cepat itu menguntungkan jika ada keputusan lain yang bisa memberikan manfaat yang lebih profitable.

Terlindungi Asuransi Properti

Kebanyaan layanan pasti ditawarkan satu paket dengan asuransi properti. Tujuannya agar nasabah bisa terhindar dari berbagai macam risiko yang membuatnya tak mampu lagi melunasi cicilan. Sebagai contoh, terkena PHK, masalah kesehatan serius, hingga meninggal dunia.

Kalau angsuran tak mampu dibayar, tanpa adanya asuransi properti, pihak bank atau penyedia layanan kredit tersebut sudah pasti akan menyita rumah. Di sisi lain, melalui asuransi properti rumah akan terlindungi dan Anda bisa melanjutkan pembayaran angsuran lewat uang pertanggungan dari asuransi properti.

Oleh karena itu, jika alasan ingin melunasi cicilan KPR lebih cepat adalah agar terhindar dari risiko penyitaan karena tak mampu melunasi angsurannya, hal tersebut tidaklah masuk akal. Perlindungan dari asuransi properti mampu mengantisipasi terjadinya berbagai macam risiko yang membuat nasabah tak lagi bisa membayar cicilan kredit rumah.

Jadi, tidak ada salahnya untuk melunasi kredit KPR sesuai waktunya karena risiko terjadi penyitaan lebih kecil kemungkinannya untuk terjadi. Anda bersama keluarga bisa hidup lebih nyaman dan melunasi cicilan kredit rumah tersebut tepat waktu. Selain itu, keuangan pun bisa dialokasikan dengan lebih optimal agar untuk meningkatkan taraf hidup Anda.

Itulah alasan yang bisa membalikkan anggapan terkait melunasi cicilan lebih cepat pasti menguntungkan. Jika dananya dialokasikan untuk hal lain yang lebih tepat seperti investasi atau membuka usaha, mempercepat pelunasan utang KPR ternyata baru terasa tak begitu menguntungkan.

Oleh karena itu, coba pikirkan kembali hal atau aktivitas lainnya yang bisa memberikan manfaat lebih besar selain melunasi KPR lebih cepat agar tidak menyesal saat sudah terlanjur melakukannya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here