Thursday, 2 May 2024
HomeBeritaIstana Kremlin Mengatakan Rusia Siap Adakan Pembicaraan Dengan Ukraina

Istana Kremlin Mengatakan Rusia Siap Adakan Pembicaraan Dengan Ukraina

Bogordaily.net – Penyerangan pasukan semakin dekat Kiev, Ibu Kota Ukraina. Oleh karenanya, istana Kremlin mengatakan siap untuk berbicara pejabat Ukraina.

Meski Istana Kremlin menyatakan membuka pembicaraan, nyatanya serangan terhadap Ukraina tidak berhenti. Bahkan, Presiden Rusia Vladimir Putin justru terlihat berusaha untuk menggulingkan pemerintah Ukraina.

Juru bicara Istana Kremlin Dmitry Peskov mengatakan bahwa Rusia mengakui Volodymyr Zelenskyy sebagai presiden Ukraina. Namun, tidak mengatakan berapa lama operasi militer Rusia dapat berlangsung.

Putin hingga saat ini belum mengatakan apa rencana utamanya untuk Ukraina. Namun Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov memberi petunjuk menyatakan bahwa Rusia ingin membiarkan rakyat Ukraina menentukan nasibnya sendiri.

Zelenskyy memohon kepada pemerintah Rusia untuk mengadakan pembicaraan. Sedangkan dia meminta kekuatan Barat untuk bertindak lebih cepat untuk memotong ekonomi Rusia dan memberikan bantuan militer Ukraina.

“Jika Anda tidak membantu kami sekarang, jika Anda gagal menawarkan bantuan yang kuat ke Ukraina, besok perang akan mengetuk pintu Anda,” kata pemimpin yang memutuskan hubungan diplomatik Moskow, mengumumkan darurat militer dan memerintahkan militer penuh yang akan berlangsung selama 90 hari.

“Ketika bom jatuh di Kiev, itu terjadi di Eropa, bukan hanya di Ukraina. Ketika rudal membunuh orang-orang kami, mereka membunuh semua orang Eropa,” ujar Zelenskyy.

Keberadaan Zelenskyy dirahasiakan, setelah memberi tahu para pemimpin Eropa bahwa menjadi daftar target utama Rusia. Dia juga menawarkan untuk bernegosiasi tentang salah satu tuntutan utama Putin bahwa Ukraina menyatakan dirinya netral dan meninggalkan ambisinya untuk bergabung NATO.

Sikap itu pun langsung mendapatkan tanggapan Istana Kremlin menjawab bahwa Rusia siap mengirim delegasi ke Belarus untuk membahas itu.

Pada hari ke-2 invasi Rusia ke Ukraina terfokus pada ibu kota. Pihak berwenang Ukraina menggunakan kendaraan lapis baja dan bajak salju untuk mempertahankan Kiev dan membatasi pergerakan.

Militer Rusia mengatakan telah merebut bandara strategis di luar Kiev yang memungkinkannya cepat membangun kekuatan untuk merebut ibu kota.

Militer mengklaim telah memotong kota dari barat barisan mobil meliuk-liuk menuju perbatasan Polandia.

Kebakaran hebat terjadi di sebuah jembatan di seberang Sungai Dneiper yang membagi sisi timur dan barat Kiev. Sekitar 200 pasukan Ukraina membangun posisi pertahanan dan berlindung di belakang kendaraan lapis baja dan di bawah jembatan.

Pejabat Ukraina melaporkan setidaknya 137 kematian di pihak Ukraina dan mengklaim ratusan di pihak Rusia. Pihak berwenang Rusia tidak merilis angka korban dan tidak mungkin untuk memverifikasi jumlah korban.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here