Tuesday, 14 May 2024
HomePolitikJika Nasdem Usung Anies Baswedan di Pilpres 2024, Begini Kata Pengamat

Jika Nasdem Usung Anies Baswedan di Pilpres 2024, Begini Kata Pengamat

Bogordaily.net–Anies Baswedan digadang-gadang menjadi calon presiden pada mendatang. Sejumlah partai disebut-sebut bisa meminang gubernur DKI Jakarta itu. Salah satunya, Partai .

Pendiri Lingkar Madani (Lima) Ray Rangkuti menilai Partai bisa mendapatkan kerugian bila Anies menjadi pilihan pertama sebagai capres di .

“Pemilih Islam belum tentu memilih partai yang dibangun Surya Paloh itu,” kata Ray, seperti dikutip dari Wartaekonomi.co.id, Selasa, 22 Februari 2022.

Ray menjelaskan, Anies akan kehilangan suara dari kalangan Islam apabila bergabung dengan . Ia menilai, umat Islam berpeluang pindah haluan ke PKS, PAN, Demokrat, dan PPP.

“Jadi, lebih sulit diprediksi ke mana arah pemilih Anies Baswedan dibandinkan Ridwan Kamil,” katanya.

Ia juga menyebut, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil justru memiliki peluang untuk diusung . Sebab dinilai memiliki kedekatan dengan Ridwan Kamil.

“Pilihan ketiga jatuh kepada Ganjar Pranowo. Akan tetapi, ada syarat yang sangat penting untuk sosok ini, yaitu jika elektabilitas Ganjar sudah sulit ditandingi dua tokoh yang sebelumnya,” bebernya.

Ray mengatakan, tidak akan melewatkan tokoh yang berpotensi memenangi . “Pilihan Nasdem jelas akan diberikan kepada Gubernur Jawa Tengah jika akhirnya elektabilitas Ganjar jauh bertengger di puncak,” ujarnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here