Monday, 29 April 2024
HomeBeritaKapan Pandemi COVID-19 di Indonesia Berakhir? Ini Prediksi Pakar

Kapan Pandemi COVID-19 di Indonesia Berakhir? Ini Prediksi Pakar

Bogordaily.net–Sejumlah negara di dunai terutama Eropa sudah melakukan pelonggaran terkait COVID-19. Bahkan, di beberapa negara ada yang sudah membebaskan warganya memakai masker. Lalu di Indonesia, sampai kapan ini akan berakhir?

Pakar epidemiologi Universitas Griffith Australia Dicky Budiman mengatakan COVID-19 sangat mungkin berakhir dalam waktu dekat. Perkiraannya berakhir tiga tahun setelah wabah pertama kali dilaporkan.

“Tidak ada yang tidak berakhir, paling lama saya prediksi ini ( COVID-19) 3 tahun,” ujar Dicky dikutip dari Detik.com, Jumat, 4 Februari 2022.

Dicky meyakini, Indonesia keluar dari krisis karena sudah memiliki modal salah satunya vaksinasi. Hal tersebut sejalan dengan pernyataan pihak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang memprediksi bisa berakhir bila imunitas lewat vaksinasi memadai.

“Kita punya optimisme, akhir tahun ini kita akan keluar dari krisis karena modalitasnya sudah ada seperti vaksinasi,” sambungnya.

Selain vaksinasi, kata Dicky syarat lain untuk mengakhiri adalah tetap taat pada 3T dan 5M. Sebab, menurutnya, COVID-19 tidak akan pernah menjadi seperti flu.

Sementara itu, hingga Jumat, 4 Februari 2022, jumlah kasus virus COVID-19 di Indonesia bertambah 32.211, sehingga total menjadi 4.446.694. Pasien sembuh bertambah 4.161.987 dan meninggal 144.453.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here