Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaKarnataka Memaksa Dosen Melepas Jilbab Saat Mengajar, Dosen Mengundurkan Diri

Karnataka Memaksa Dosen Melepas Jilbab Saat Mengajar, Dosen Mengundurkan Diri

Bogordaily.net, kembali memperkeruh keadaan. Setelah melarang mahasiswi menggunnakan jilbab saat kegiatan mengajar, kini seorang bahasa Inggris, diminta untuk menanggalkan jilbabnya ketika menajar di distrik Tumakuru, , ,  Jumat 18 Februari 2022.

Atas insiden tersebut, baha Ingris tersebut, memilih . Karena sebagai wanita muslim, harga dirinya seperti diinjak-injak.

“Ini masalah harga diri saya. Saya tidak bisa mengajar tanpa hijab,” kata Chandini setelah berhenti.

Ia berujar, telah bergabung dengan Jain PU College selama tiga tahun. Selama itu pula, tidak ada yang pernah mempermasalahkan jilbabnya

“Saya (biasanya)  bekerja dengan normal dengan mudah. ​​Tapi, kemarin kepala sekolah saya menelepon saya dan memberi tahu saya bahwa kelas harus dilakukan tanpa hijab atau syiar agama apapun. Itu melukai harga diri saya dan saya tidak mau lagi bekerja di kampus itu. Makanya saya secara sukarela,” ungkapnya dilansir dari The Gulf Today, Sabtu 19 Februari 2022.

Dalam surat pengunduran dirinya Chandini mengatakan bahwa dia karena diminta untuk melepas jilbabnya yang telah dia kenakan selama tiga tahun di kampus. “Hak untuk beragama adalah hak konstitusional yang tidak dapat disangkal oleh siapa pun.” ujarnya.

“Saya mengutuk tindakan tidak demokratis Anda,” sambungnya.

Pihak Otoritas perguruan tinggi menolak berkomentar tentang masalah ini. Perselisihan hijab di telah berubah menjadi kontroversi besar. Di seluruh negara bagian, mahasiswa mulai bergejolak dan memprotes keputusan manajemen perguruan tinggi yang menolak izin untuk menghadiri kelas dengan mengenakan jilbab.

Pengadilan masih membahas masalah ini, tetapi pemerintah telah menyatakan bahwa setelah putusan, akan keluar aturan khusus tentang penggunaan jilbab di kampus-kampus.

Perguruan tinggi Aligarh melarang masuknya siswa yang tidak berseragam. Perguruan Tinggi Dharma Samaj di Aligarh juga melarang masuknya siswa tanpa seragam yang ditentukan. Arahan itu datang dua hari setelah sekelompok mahasiswa yang mengenakan selendang kunyit mengadakan protes di kampus, menuntut larangan ‘hijab' di lingkungan kampus.

Kepala perguruan tinggi, Dr Raj Kumar Verma, mengatakan, mengingat disiplin perguruan tinggi, pemerintah telah mengeluarkan pemberitahuan terkait hal ini.

“Kami tidak akan mengizinkan masuknya mahasiswa dengan wajah tertutup, karena beberapa mahasiswa baru-baru ini terlihat mengenakan jilbab dan burqa di kampus,” katanya.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here