Thursday, 25 April 2024
HomeKabupaten BogorKejar Target, Bupati Bogor Gesit Tinjau Gebyar Vaksin

Kejar Target, Bupati Bogor Gesit Tinjau Gebyar Vaksin

Bogordaily.net bersama Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor lakukan peninjauan langsung pelaksanaan gebyar vaksin Kabupaten Bogor, mulai dari vaksin dosis 1, 2, dan booster, baik terhadap anak usia 6-11 tahun dan masyarakat Lanjut Usia (Lansia) maupun umum di Sekolah Islam Terpadu Al-Madinah, Cibinong, Kamis 17 Februari 2022.

Bertepatan dengan peninjauan kegiatan Gebyar Vaksin, Bupati Bogor juga melakukan zoom meeting bersama Presiden RI, Joko Widodo dan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo.

Bupati Bogor, Ade Yasin menuturkan bahwa vaksinasi berjalan lancar, terdiri dari booster, vaksinasi lansia, dan juga anak.

Kegiatan ini dilakukan untuk mengejar target karena angka cukup tinggi di Kabupaten Bogor, jadi booster terus dikejar.

Gebyar vaksin

Menurutnya bahwa, capaian vaksinasi sudah mencapai 70,68% secara keseluruhan, untuk anak dosis satu 85%, dosis kedua 54%.

“Meskipun banyak Tenaga Kesehatan (Nakes) yang terpapar sebanyak 763 orang yang terpapar dari total 2.800 Nakes dengan gejala ringan sehingga harus isolasi mandiri selama 10 hari. Meski demikian Pemkab Bogot terus berkolaborasi untuk melaksanakan percepatan vaksinasi, kita dibantu oleh TNI-Polri untuk tenaga kesehatan, organisasi profesi, ada perusahaan-perusahaan yang punya tenaga kesehatan, kita maksimalkan saja tenaga kesehatan yang ada termasuk klinik dan rumah sakit,” ungkapnya.

Lanjut Ade Yasin menerangkan bahwa untuk pasien yang sembuh sekitar 20-30% atau 150 orang dari 700 yang terpapar, minggu ini terdapat penambahan, penambahan diperoleh berdasarkan hasil tes ketika ada yang terpapar lalu kontak erat maka testing dilakukan mulai dari istri, suami, anak, keluarga satu rumah dan rekan kerja sehingga menambah angka yang cukup tinggi.

“Kunci untuk sembuh disiplin isoman, tidak keluar rumah jadi tidak menularkan kemana-mana, dan kita pantau yang positif oleh tenaga-tenaga kesehatan dari Puskesmas terdekat,” terang Ade Yasin.

Ia juga menyatakan, terkait sekolah yang masih menerapkan Pembelajara Tatap Muka (PTM), jika ada sekolah yang terpapar sekolah harus tutup dan PTM diberhentikan sementara.

“Tapi bagi daerah-daerah di Kabupaten Bogor yang tidak tersentuh orang-orang kota, saya kira itu aman untuk bisa PTM tapi harus tetap memperhatikan Protokol Kesehatan,” tegasnya.

Terpisah, secara virtual Presiden RI, Joko Widodo menyampaikan, apresiasi terhadap Kapolri, jajaran TNI, Polri, dan Pemerintah Daerah juga Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) atas pelaksanaan pagi hari ini.

Vaksinasi ini sangat penting sekali sebab, saat ini kasus konfirmasi Covid-19 sedang mengalami kenaikan, sehingga dilakukan percepatan vaksinasi terutama untuk Lansia dan anak-anak.

“Karena kunci pengendalian Covid-19 saat ini utamanya pada Varian Omicron ada dua yakni, pertama percepatan vaksinasi baik suntikan yang kedua maupun suntikan penguat atau booster. Kedua yaitu Protokol Kesehatan (Prokes) sebab Prokes ini sangat penting dan harus terus disampaikan berulang-ulang kepada masyarakat, agar seluruh masyarakat taat pada Protokol Kesehatan,” ungkap Joko Widodo.

Selanjutnya, disampaikan secara virtual Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, menerangkan, sebagaimana dengan arahan Presiden RI pada tanggal 14 Februari 2022 terkait dengan perintah untuk melaksanakan akselerasi vaksinasi, ia tindak lanjuti dengan melaksanakan kegiatan serentak di tiap daerah.

Katanya, adapun total vaksin yang disiapkan pada hari ini sebanyak 1.100.656 dosis dengan rincian sebagai berikut 241.270 Astrazeneca, 93.719 Moderna, 159.100 Pfizer, 23.063 Sinopharm, 82.428 Coronavac, 200 Johnson&johnson dan 500.877 Sinovac.

“Kegiatan hari ini melibatkan total 62.803 vaksinator yang tersebar di seluruh Indonesia yang terdiri dari 9.259 Polri, 926 vaksinator TNI, 50.508 vaksinator dari Dinkes dan 2.179 vaksinator relawan,” imbuhnya.

Sebagai Informasi turut hadir dalam kegiatan peninjauan pelaksanaan vaksinasi di Sekolah Islam Terpadu Al-Madinah Cibinong yakni, Dandim 0621, Letkol Kav. Gan Gan Rusgandara, Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin, Kepala Dinkes Kabupaten Bogor, Mike Kaltarina, Camat Cibinong dan sekretariat Satgas Covid-19 Kab Bogor.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here