Monday, 6 May 2024
HomeBeritaKetahui Penyebab Sering Sakit Kepala Saat Bangun Tidur

Ketahui Penyebab Sering Sakit Kepala Saat Bangun Tidur

Bogordaily.netSebagian dari kita mungkin pernah mengalami tiba-tiba saat sedang tiduran atau . Lalu apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

dari Primaya Evasari Hospital, dr. Lilir Amalini, Sp.S menjelaskan saat tidur bisa disebabkan hal yang disebut tension type headache (TTH). Penyebabnya adalah ketegangan otot di bagian kepala, leher, dan bahu akibat posisi tidur yang kurang tepat.

“Nyeri biasanya dirasakan seperti tegang kaku dan berat terutama di bagian atas kepala, dahi samping kepala, atau bisa dirasakan di seluruh bagian kepala,” kata dr. Lilir seperti dikutip dari Detik.com.

Hal ini kata dr. Lilir juga dapat disertai rasa melayang, mual, atau muntah. karena TTH bisa berlangsung selama setengah jam hingga beberapa hari.

“Untuk mengatasinya minum obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti ibuprofen atau parasetamol,” ujarnya.

Nah, agar TTH tidak terjadi, dia menyarankan agar memakai bantal yang tidak terlalu tinggi dan bisa nyaman menyangga leher. Selain itu disarankan juga rutin melakukan peregangan otot leher serta bahu, menghindari stres, dan menghindari kurang tidur.

Tension type headache merupakan salah satu jenis nyeri kepala primer yang tidak berbahaya. Namun, kata dia bila gejala dirasakan terus menerus dan semakin memberat atau disertai gejala lain seperti demam, pandangan dobel, kesemutan, atau kelemahan anggota tubuh sebaiknya diperiksakan ke dokter saraf.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here