Friday, 3 May 2024
HomeKabupaten BogorKetua DPRD Meminta Pemkab Bogor Prioritaskan Pertanian

Ketua DPRD Meminta Pemkab Bogor Prioritaskan Pertanian

Bogordaily.net – Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto meminta Pemerintah Kabupaten () Bogor menjadikan sebagai sektor prioritas yang tidak kalah penting dari sektor pendidikan.

“Pendidikan itu utama, tetapi adalah fundamental perekonomian,” katanya, Kamis 24 Februari 2022.

Menurut politisi Gerindra itu, dengan memprioritaskan sektor , diharapkan pemerintah menggandeng akademisi dan praktisi ahli mengembangkan inovasi dan teknologi tani, khususnya di Kabupaten Bogor. Menurutnya sinergi yang kuat antara pemerintah, akademisi, dan praktisi menjadi kunci untuk mengembangkan sektor .

Pasalnya, persoalan peningkatan sumber daya manusia (SDM) petani, ketersediaan lahan pangan berkelanjutan, penerapan teknologi tepat guna, industri olahan, hingga ketersediaan pasar adalah masalah yang saling berkaitan. “Karena itu butuh perencanaan yang matang dan melibatkan semua stakeholder,” katanya.

Menurut Rudy, Kabupaten Bogor dianugerahi kekayaan SDM yang sangat subur dan luas. Selain itu, letak berbagai instansi seperti IPB, LIPI, dan Balai Embrio Ternak yang ada di Bogor dapat menunjang untuk inovasi dan pembaruan teknologi .

“Masyarakat Kabupaten Bogor sebagian besarnya adalah masyarakat agraris, yang dibutuhkan adalah inovasi, teknologi agar kegiatan maupun peternakan masyarakat bisa lebih berkembang,” ujarnya.

Dia menyatakan, pengembangan , sangat mendesak untuk mengantisipasi ancaman krisis pangan di masa depan. Dengan menjadikan sebagai prioritas pembangunan Kabupaten Bogor, kata Rudy, masyarakat bukan hanya terhindar dari kekurangan pangan, melainkan mendapat manfaat secara ekonomi.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here