Sunday, 28 April 2024
HomeBeritaKhasiat Toge untuk Kesehatan, Salah Satunya Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Khasiat Toge untuk Kesehatan, Salah Satunya Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Bogordaily.net–Toge atau kecambah adalah sayuran yang berasal dari biji kacang kedelai ataupun kacang hijau. Meskipun memiliki ukuran kecil dan harganya murah, nutrisi yang terkandung di dalamanya ternyata sangat baik untuk kesehatan tubuh, sebut saja karbohidrat, protein, dan serat. Toge memiliki bannyak manfaat mulai dari melancarkan pencernaan hingga meningkatkan imun atau .

Terdapat banyak vitamin yang terkandung di dalam toge. Seperti, vitamin B, vitamin C, zat besi, kalium, folat, dan fosfor. Selain itu, sayuran kecambah ini juga mengandung bermacam antioksidan, seperti beta karoten, asam fenolat, dan polifenol. Namun, untuk mendapatkan hasil maksimal, perlu pengolahan dengan cara yang benar agar toge dapat dikonsumsi dengan aman dan sehat. Berikut beberapa untuk kesehatan, yang telah dirangkum Your Say Suara.com dari laman Alodokter.

Melancarkan pencernaan

Toge memiliki kandungan serat dan air yang dikenal baik untuk melancarkan pencernaan. Sehingga, toge dapat mengatasi sembelit. Toge juga mengandung prebiotik yang berarti bisa dikonsumsi guna menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik di usus. Sehingga, kesehatan usus pun dapat terjaga.

Mengontrol kadar gula darah

Mengkonsumsi toge juga bermanfaat baik untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini diungkapkan oleh sebuah penelitian yang menyebut bahwa toge mengandung antioksidan serta nutrisi yang baik untuk mencegah peningkatan kadar gula darah serta mengatur aktivitas enzim amilase, yakni enzim yang berguna untuk memecah dan mencerna gula. Tak hanya itu, toge juga dikenal rendah kalori dan karbohidrat serta indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak membuat gula darah cepat meningkat dalam tubuh.

Meningkatkan imunitas tubuh

Toge memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk menjaga imunitas tubuh tetap kuat, sebut saja vitamin C, protein, folat, dan antioksidan. Kandungan nutrisi tersebut berperan penting dalam menjaga imunitas tubuh tetap kuat karena nutrisi dan antioksidan tersebut berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi.

Meningkatkan kesehatan jantung

Mengkonsumsi makanan yang berserat seperti kacang kacangan, sayuran, dan buah, termasuk juga toge, baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigiselrida. Selain itu, bisa juga meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Mengontrol berat badan

Toge bisa menjadi salah satu menu diet kamu. Sayuran yang rendah kalori ini ternyata tetap padat nutrisi dan serat. Ini berarti toge tidak membuat berat badan meningkat, sehingga bisa menjadi salah satu pendukung efektivitas diet.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here