Saturday, 11 May 2024
HomeBeritaKulit Gatal Bikin Tidak Nyaman, Ketahui 5 Penyebabnya

Kulit Gatal Bikin Tidak Nyaman, Ketahui 5 Penyebabnya

Bogordaily.net membuat kondisi tidak nyaman. Umumnya, ini sering terjadi pada orang dewasa yang lebih tua, karena kulit kering seiring bertambahnya usia. , tentu akan memengaruhi area sekitar kulit, seperti kulit kepala, lengan, kaki, atau seluruh tubuh.

Ada beberapa gejala yang sering dialami seseorang, di antaranya kemerahan, tanda gores, benjolan, bintik atau lecet, kulit kering dan pecah-pecah, serta bercak kasar atau bersisik.

terjadi karena beberapa yang bisa menjadi faktor utamanya. Berikut seperti dikutip Suara.com:

Kondisi Kulit

utama terjadinya gatal di kulit bisa karena kondisi kulit yang dialaminya. Contoh kulit kering (xerosis), eksim (dermatitis), psoriasis, kudis, parasit, luka bakar, bekas luka, gigitan serangga, dan gatal-gatal.

Penyakit Dalam

di seluruh tubuh bisa jadi karena penyakit dalam. Penyakit dalam di sini meliputi penyakit hati, penyakit , anemia, diabetes, tiroid, dan multiple myeloma.

Gangguan Saraf

Beberapa penyebab terjadi karena adanya gangguan saraf misalnya multiple sclerosis, saraf terjepit, dan herpes zoster.

Kondisi Kejiwaan

Penyebab gatal tidak hanya masalah kulit kering saja, tetapi juga berpengaruh terhadap kondisi kejiwaan seseorang. Mulai dari kecemasan, gangguan obsesif-kompulsif, dan depresi.

Iritasi dan Reaksi Alergi

Penyebab ini sering dialami oleh orang-orang, saat terjadi adanya reaksi alergi terhadap bahan-bahan. Misalnya wol, kimia, sabun, dan zat lain yang mengiritasi kulit. Selain itu, iritasi kulit juga terjadi pada reaksi obat-obatan, salah satunya obat nyeri narkotik (opioid).***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here