Sunday, 5 May 2024
HomeBeritaLakukan Pola Hidup Sehat Ini Sebelum Usiamu Menginjak 30 Tahun

Lakukan Pola Hidup Sehat Ini Sebelum Usiamu Menginjak 30 Tahun

Bogordaily.net hidup umumnya dipengaruhi oleh gaya hidup serta aktivitas yang kita setiap hari. Maka dari itu, penting bagi kita untuk memulai dan membiasakan diri untuk menjalani gaya hidup sehat.

Jika kamu masih belum menerapkan gaya hidup yang sehat, tidak apa karena belum terlambat untuk memulai gaya hidup sehat walau saat kamu sudah mendekati atau bahkan memasuki usia 30 tahun.

Disisi lain, memulai gaya hidup sehat dan menjaga kesehatan tubuh mulai dari sekarang dapat mencegah kamu dari berbagai penyakit.
Berikut adalah 5 langkah hidup sehat yang bisa kamu !

1. Pahami Kondisi Kesehatan Saat
Apakah kamu pernah secara sadar pergi ke rumah sakit untuk cek kesehatan? Atau kamu menunggu sakit terlebih dahulu baru pergi ke rumah sakit?

Sebaiknya kamu membiasakan diri untuk periksa kesehatan tubuh kamu ke rumah sakit agar kamu bisa mengetahui anjuran yang tepat untuk menjaga hidup sehat kamu dan mencegah penyakit yang beresiko muncul.

2. Olahraga Secara Teratur

Tidak hanya meningkatkan stamina, berolahraga juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Olahraga yang paling mudah adalah membiasakan diri untuk berjalan kaki, setidaknya 30 menit setiap harinya.

Jika kamu maupun lingkungan kamu terdapat keterbatasan untuk berjalan kaki, kamu bisa berolahraga di dalam rumah kamu. Dengan membiasakan diri berolahraga, kamu dapat membunuh bakteri yang masuk ke dalam tubuh serta meningkatkan respons antibodi.

3. Konsumsi Makanan Bergizi

Bertambahnya usia umumnya membuat kekebalan tubuh kita menurun karena kualitas sel imunitas yang juga menurun. Artinya, untuk memulai gaya hidup sehat kamu butuh asupan makanan yang seimbang dan bergizi karena berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kamu dapat membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan bernutrisi yang bisa kamu dapat melalui protein, sayuran, buah, dan gandum utuh.

Kamu juga perlu memperhatikan kandungan gula, garam dan lemak yang terdapat pada makanan kamu karena dapat mempengaruhi berat badan juga untuk menghindarkan kamu dari kolesterol, diabetes, dan penyakit lainnya.

4. Penuhi Kebutuhan Air Mineral

Tahukah kamu bahwa jumlah air mineral yang perlu kamu konsumsi setiap harinya adalah 30ml x berat badan kamu?

Sebagai contoh, semisal berat badan kamu 60kg, maka jumlah air mineral yang perlu kamu konsumsi adalah 1,8 liter. Jika kamu saat merupakan ibu hamil atau sedang menyusui, disarankan untuk menambah 300ml lagi setiap harinya.

Apakah selama kamu sudah minum air mineral dengan kadar yang cukup? Pertahankan lah jika kamu sudah memenuhinya. Namun, jika belum maka kamu perlu membiasakan diri kamu untuk minum lebih banyak lagi.

5. Hentikan Kebiasaan Buruk

Jika kamu seorang perokok aktif atau sering mengonsumsi alkohol, kamu perlu mengakhiri kebiasaan tersebut karena berdampak pada kesehatan tubuh kamu.

Mungkin, saat kamu belum merasakan apa-apa, tapi lebih baik mencegahnya dan membiasakan gaya hidup sehat. Karena, ada beberapa penyakit yang bisa muncul akibat kebiasaan buruk itu, seperti penyakit paru-paru, jantung, hepatitis, hingga kanker.

Membangun gaya hidup sehat memang butuh proses juga kedisiplinan. Semua akan terasa mudah jika kamu memiliki support system yang dapat membantu kamu.

Jadi, selalu ingat untuk memahami kondisi kesehatan, olahraga yang cukup, konsumsi makanan bergizi disertai penuhi kebutuhan air mineral. Kelola stres kamu agar tidak menjadikan kebiasaan buruk sebagai pelarian dan beristirahatlah yang cukup.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here