Sunday, 12 May 2024
HomeKulinerLezat! Yuk Cicipi Lumpia Basah Legendaris di Suryakencana Bogor

Lezat! Yuk Cicipi Lumpia Basah Legendaris di Suryakencana Bogor

Bogordaily.net– Suryakencana yang terletak Kota Bogor, memang terkenal sebagai kawasan yang menjajakan aneka panganan jaman dulu.  Salah satu kudapan legendaris Jalan Suryakencana adalah Lumpia basah.

Keberadaan sejumlah Bogor memang sukses menggoda lidah. Pastikan perut Anda kosong sebelum menghabiskan akhir pekan kota ini. Alasannya, agar bisa mencicipi dan menikmati beberapa menu legendaris yang dijajakan para pedagangnya.

legendaris Kota Bogor diantaranya asinan, toge goreng, dan roti unyil. Salah satu kawasan di Bogor yang terkenal dengan keberadaan legendarisnya berada di Jalan Suryakencana.


Letak Jalan Suryakencana ini persis berada di depan pintu utama Kebun Raya Bogor. Karena lokasinya di pusat Kota Bogor, membuat Jalan Suryakencana punya keragaman sekaligus ramai didatangi orang.

Ya, salah satu nya adalah Lumpia basah.  Diketahui, lumpia basah merupakan jajanan khas dari Jawa Barat. Lumpia ini punya rasa yang dan juga membuat perut kenyang. Hingga kini belum diketahui secara pasti asal-usul makanan berbalut kulit lumpia tersebut.

Meski namanya tidak sepopuler lumpia Semarang, namun cita rasa Lumpia Basah Bogor sungguh menggoda jiwa.

Lumpia di Semarang dan Bogor memiliki sejumlah perbedaan. Jika lumpia Semarang memakai rebung, telur, dan cacahan udang sebagai isiannya, maka lumpia basah Bogor justru menggunakan sejumlah bahan berupa bengkuang, tauge, tahu, ebi giling, dan juga telur.

Cara membuatnya pun mudah. Seluruh bahan isian ke dalam kuali yang berbahan bakar arang, kemudian diberi bumbu kencur, bawang, gula dan garam. Setelah siap, taruh semua isian tadi ke dalam kulit lumpia yang dilapisi daun pisang.

Bahan isian yang ditumis tersebut menimbulkan minyak yang ikut meresap hingga ke lapisan kulit lumpia. Kulit lumpia pun menjadi lepek. Dari sanalah asal mula pemberian nama lumpia basah.

Penyajian lumpia basah Bogor ini dengan melipat kulitnya dan menutupi bagian atasnya tanpa perlu digulung. Sensasi menikmati lumpia basah bisa dengan merobek kulit lumpianya sehingga isinya akan menyeruak keluar. Cara memakannya pun cukup unik. Anda akan dibekali sumpit dari bambu untuk menikmatinya.

Rasa lumpia basah ini cenderung asin, manis, dan gurih. Anda juga akan merasakan kerenyahan dari tauge saat mengunyahnya. Selain itu, Anda bisa meminta lumpia basah disajikan dengan rasa pedas yang disesuaikan dengan standar level yang diinginkan.

Jajanan khas Pasundan ini memiliki kandungan protein, karbohidrat, dan serat yang baik untuk tubuh. Selain enak dan bergizi, lumpia basah ini bisa membuat perut kenyang.


Untuk dapat mencicipi lumpia basah Bogor ini, Anda bisa membelinya di depan Ngo Hiang, Gang Aut, Jalan Suryakencana, Bogor Tengah, Kota Bogor. Penjualnya mudah ditemukan dan mangkal menggunakan gerobak warna hijau.

Selain rasanya yang memikat, lumpia nasah Bogor di tempat ini sudah ada sejak tahun 1972. Cita rasa yang dihasilkan pun tetap terjaga dan sama sekali tak berubah.

Satu porsi lumpia basah dibanderol dengan harga sebesar Rp15.000. Dengan harga yang ramah kantong, Anda sudah bisa menikmati sajian lumpia yang enak dan rasanya tak terlupakan. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here