Monday, February 6, 2023
HomeKabupaten BogorMacet Lagi, Macet Lagi! Warga Desak Pembangunan Terminal Parung Segera Direalisasikan

Macet Lagi, Macet Lagi! Warga Desak Pembangunan Terminal Parung Segera Direalisasikan

IIMS

Bogordaily.netWarga Parung, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor berharap pembangunan Terminal Parung yang lama molor segera direalisasikan. Hal ini mengingat padatnya arus lalu lintas di Jalan Raya Parung, tepatnya di depan Pasar Raya Parung yang kerap menimbulkan kemacetan cukup panjang dan mengganggau aktivitas warga.

“Wacana itu sudah cukup lama, tapi sampai saat ini belum juga dibangun padahal kemacetan sudah seringkali terjadi apalagi saat hari kerja dan hari libur,” ujar Wanto (44) warga Parung kepada wartawan Minggu, 13 Februari 2022.

Hal senada diungkapkan warga Parung lainnya, Hagi Caguy. Ia mengaku sudah menunggu percepatan pembangunan Terminal Parung dan berharap dapat mengurai kemacetan yang selama ini terjadi.

“Kalau belum dibangun terminal atau pelebaran jalan, maka kemacetan tetap akan terjadi,” kata dia.

Sementara itu pengamat transportasi dari Universitas Indonesia, Jack Subrata mengatakan, sudah selayaknya masalah kemacetan yang dikeluhkan warga bisa diberikan solusi oleh pemerintah. Apalagi jika itu ada di sebuah wilayah urban yang tingkat kepadatan penduduk dan intensitas lalu lintasnya sangat tinggi.

“Untuk mengatasi kemacetan itu, selain harus ada terminal utama, pemerintah daerah juga bisa mempersiapkan jalur feeder (penumpang) atau terminal-terminal kecil. Itu bisa dikerjasamakan dengan pemda lain di sekitarnya,“ ujar pria yang juga Dosen Fakultas Teknik UI ini.

Jack menjelaskan, dalam konsep transportasi publik, sangat dibutuhkan rencana dan sistem yang visioner. Sehingga mampu membaca potensi masalah dan mencari solusi secara menyeluruh dan bermanfaat dalam waktu jangka panjang.

“Perlu adanya konsep transit oriented development,“ katanya. (Ruslan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Gabung dengan Kami

Loker Bogor Daily

Invitation Investor Gathering

Anton S Suratto

Perumda Tirta Pakuan

PAN Jawa Barat

Harlah PPP

Dirgahayu PDI Perjuangan

RSUD Ciawi

RSUD Leuwiliang

Antam

Harlah 1 Abad Nahdlatul Ulama

Perumda Tirta Kahuripan

Sienna Residence bogor

UIKA Bogor