Friday, 3 May 2024
HomeTravellingMata Akan Dimananjakan Dengan Indahnya Air Terjun Moramo Ditengah Hutan

Mata Akan Dimananjakan Dengan Indahnya Air Terjun Moramo Ditengah Hutan

Bogordaily.net –  Sulawesi Tenggara bisa dikatakan salah satu provinsi yang dikaruniai oleh kekayaan alam dan laut yang luar biasa. Salah satu alam yang sangat terkenal yaitu Air Terjun Moramo dan hutan suakanya.

Air terjun ini berada di kawasan hutan suaka alam Desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan. Tempat ini memberikan suguhan alam sebab masih sangat alami dan terjaga sangat baik.

Air terjun ini merupakan salah satu air terjun bertingkat ketinggian sekitar 100 meter. Untuk mencapai tempat ini kita harus menyusuri hutan terlebih dahulu sekitar 1 Km. Kondisi jalannya sangat bagus untuk disusuri sebab sudah diberi jalan setapak beton lebar sekitar 1 meter.

Foto: WordPress

Di tengah jalan kita akan disuguhkan pemandangan yang sangat asri. Mulai dari aliran sungai yang jernih, pohon berumur puluhan tahun, gua alami, serta faunanya yang masih terjaga.

Tempat ini bisa dikunjungi kapan saja. Dari pusat Kota Kendari bisa menggunakan motor maupun mobil. Dari Kendari menuju Air Terjun Moramo bisa ditempuh sekitar 1,5 jam perjalanan. Kalian bisa menggunakan jasa rental mobil yang mudah ditemui di Kendari. Tarifnya sekitar Rp300.000 – Rp550.000/hari tergantung jenis mobil.

Sedangkan yang menggunakan angkutan umum bisa menggunakan angkutan jurusan Kolono, atau bus Damri yang menuju Pelabuhan Amolengo. Tarifnya sekitar Rp35.000/orang. Setelah itu untuk melanjutkan perjalanan menggunakan ojek sebagai transportasi akhir menuju air terjun.

Tiket masuk ke air terjun cukup membayar sekitar Rp25.000 untuk motor dan Rp50.000 untuk mobil, sudah termasuk biaya parkir.

Untuk mengisi perut, di sana sudah tersedia lapak-lapak penjual makanan yang murah meriah. Hanya perlu merogoh Rp10.000 – Rp20.000 dipastikan perut bisa terisi.

Untuk fasilitas lain seperti musala dan toilet juga sudah tersedia. Sedangkan untuk fasilitas berupa gazebo masih kurang, khususnya yang berada di area air terjun. Hal ini karena areanya yang sempit sehingga hanya tersedia beberapa buah saja. Tapi kamu bisa menggunakan area kosong lainnya sebagai tempat duduk. Jadi pastikan membawa tikar atau sejenisnya sebagai alas.

Untuk yang dari luar daerah, di sekitar area air terjun belum disediakan tempat penginapan. Penginapan terdekat hanya dapat kamu temui di Kota Kendari. Misalnya Hotel Atomy di Anduonohu, Kecamatan Poasia yang berjarak sekitar 64 Km dari air terjun. Tarifnya sekitar Rp120.000 – Rp135.000 per malam.

Tapi jika kalian mau bermalam untuk menikmati suasana hutan, bisa juga kamping di sekitar air terjun. Tapi, berhubung belum ada fasilitas penyedia peralatannya, pastikan untuk membawa peralatan sendiri. Untuk biaya kamu hanya perlu membayar harga yang sama tiket masuk.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here