Friday, 24 May 2024
HomeBeritaMengenal Honor Killing yang Jadi Alasan Suami Penggal Kepala Mona Heydari

Mengenal Honor Killing yang Jadi Alasan Suami Penggal Kepala Mona Heydari

Bogordaily.net–Kasus pembunuhan Mona Heydari yang kepalanya dipenggal dan ditenteng keliling kota oleh suaminya di Iran mengguncang dunia. Sang suami berdalih melakukan pembunuhan tersebut atas dasar .

Diberitakan sebelumnya, melansir Suara.com dari laman Metro.co.uk, suami dari Mona, Sajjad Heydari sering memperlakukan Mona dengan kasar sejak menikah. Awalnya Mona bertahan karena memiliki anak yang berusia baru tiga tahun namun akhirnya ia meminta cerai.

Dari sinilah semua berakhir menjadi mengerikan, Mona dibunuh oleh Sajjad Heydari. Hasil investigasi menyebut, pembunuhan itu dilakukan dengan dalih .  Lalu apa itu ?

Dalih pembunuhan artinya pembunuhan demi martabat. Secara luas, dapat diartikan sebagai melakukan pembunuhan terhadap anggota keluarga yang dianggap melakukan perbuatan memalukan. kerap terjadi di Iran.

Berdasarkan surat kabar harian Sharq, surat kabar harian lokal Iran menyebutkan bahwa setiap tahun terjadi pembunuhan dengan dalih rata-rata sebanyak 375-450 kali pembunuhan.

Berdasarkan keterangan surat kabar yang sama, ahli kriminal menyatakan bahwa pembunuhan dengan dalih terjadi karena rasa kebencian para pria terhadap wanita. Budaya patriarki yang dilembagakan dalam hukum masyarakat juga meningkatkan fenomena ini.

atau pembunuhan demi kehormatan adalah pembunuhan seorang anggota keluarga oleh anggota lain karena diyakini bahwa korban telah membawa rasa malu atau tidak hormat pada keluarga atau komunitas tempat dia berada.

Sebagai tambahan informasi, dilansir Suara.com dari hindiscitech.com, pembunuhan demi kehormatan alias adalah salah satu jenis kejahatan budaya yang ada di dunia. Kejahatan budaya pada dasarnya adalah kejahatan yang berusaha terjadi dalam konteks budaya.

Pembunuhan demi kehormatan biasanya dilakukan oleh anggota keluarga laki-laki terhadap anggota keluarga perempuan, yang dianggap telah membawa penghinaan pada keluarga. Namun, pria juga bisa menjadi korban pembunuhan demi kehormatan. Istilah ‘pembunuhan demi kehormatan' ini berlaku untuk pria dan wanita dalam budaya yang mempraktikkannya.

Sifat khas pembunuhan demi kehormatan adalah sifat kolektif dari kejahatan yang berarti banyak anggota keluarga besar atau masyarakat merencanakan tindakan bersama dan kemudian melakukan kejahatan. Pembunuhan demi kehormatan sebagian besar ditujukan terhadap perempuan dan anak perempuan.

Menurut statistik, tidak hanya terjadi di Iran. Honor killing atau pembunuhan demi kehormatan telah dilaporkan terjadi juga di wilayah utara India terutama di negara bagian Punjab, Rajasthan, Haryana dan Uttar Pradesh.

Hal ini lazim pada tingkat keluarga yang lebih rendah di India Selatan dan negara-negara India Barat Maharashtra dan Gujarat. Di Benggala Barat, pembunuhan demi kehormatan benar-benar berhenti sekitar satu abad, karena langkah-langkah aktif yang diambil oleh para reformis.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here