Saturday, 4 May 2024
HomeTravellingMengulik Sisi Indahnya Pantai Payangan di Selatan Pulau Jawa

Mengulik Sisi Indahnya Pantai Payangan di Selatan Pulau Jawa

Bogordaily.net– di Kabupaten , Jawa Timur beberapa waktu lalu heboh lantaran tragedi ritual maut yang menewaskan sebelas orang. Di balik kabar tersebut, selama ini menyimpan keindahan dan kerap menjadi tujuan para wisatawan. Seperti apa pesona keindahannya.

Lokasi terletak di Dusun Payangan, Kecamatan Ambulu, Kabupaten , Jawa Timur. Pantai  di selatan Pulau Jawa ini berdekatan dengan Pantai Papuma dan Watu Ulo. dikenal memiliki berbagai keunikan dan keindahan

Dilansir dari Ksmtour.com, di satu lokasi terdapat empat pantai, tiga bukit dan satu pulau. Pasir di ini berwarna hitam kecokelatan tetapi cukup lembut dan asyik untuk bermain.

Air laut di cukup jernih. Keindahan pantai ini juga terletak pada sinar sunsetnya. Menjelang malam dan sang surya mulai tenggelam, pantai akan terasa sangat indah.

Tiga bukit di diselimuti oleh padang rumput yang berwarna kuning bersatu padu dengan warna sunset. Seperti kebanyakan pantai lainnya, mayoritas penduduk di sekitar Pantai Payangan berprofesi sebagai nelayan.

Wisatawan yang berkunjung tak hanya bermain air serta menikmati pemandangan pantai tetapi juga bisa menyaksikan aktivitas para nelayan.

Bagi yang pertama kali berkunjung, akan dikejutkan dengan keberadaan empat pantai yakni pantai di wilayah utara yang memiliki bibir pantai melengkung dengan pasir hitam.

Lalu di bagian tengah, ada pantai dengan bebatuan yang cantik. Sedangkan di sisi selatan terhampar sabana yang cukup luas. Area ini bisa digunakan untuk mendirikan tenda bagi yang ingin bermalam di pantai.

Terdapat juga tempat parkir perahu-perahu nelayan berjejer dengan rapi dan di balik bukit ada pantai dengan batu-batu yang curam. Di bagian selatan dari kejauhan juga bisa dilihat Pantai Watu Ulo.

Nah, di sisi sebelah kanan Pantai Payangan terdapat padang sabana. Jika datang pada bulan Suro, wisatawan akan melihat para nelayan yang sedang melaksanan upacara Petik Laut yang biasanya akan dilanjutkan dengan pertunjukan wayang kulit.

Jika ingin berkunjung, dari pusat kota bisa mengambil arah menuju Ambulu. Setibanya di perempatan Ambulu ambil arah menuju selatan dan mengikuti arah ke Pantai Watu Ulo. Nah, dari Pantai Watu Ulo tinggal lurus hingga tiba di Pantai Payangan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here