Sunday, 19 May 2024
HomeNasionalMeski Rusia Serang Ukraina, Kemlu Belum Tutup KBRI

Meski Rusia Serang Ukraina, Kemlu Belum Tutup KBRI

Bogordaily.net–Meski serangan terus dilancarkan terhadap dan situasi semakin memanas, Pemerintah Indonesia belum berencana menonaktifkan aktivitas di KBRI Kiev, .

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI mengatakan pihaknya masih memantau kondisi terkini di untuk menentukan keputusan lebih lanjut.

“Sejauh ini belum ada rencana menutup atau menonaktifkan aktivitas KBRI. Kalaupun kondisi di Kiev tidak lagi kondusif, untuk pelaksanaan kegiatan KBRI tengah dipikirkan untuk kita mengalihkan kegiatan di tempat lainnya yang lebih bisa dipastikan tingkat keamanannya,” kata juru bicara Kemlu RI Teuku Faizasyah saat jumpa pers virtual yang dilansir dari Detik.com, Sabtu, 26 Februari 2022.

Menurut Faizasyah belum ada rencana melakukan penonaktifan KBRI seperti yang dilakukan di Afghanistan. Ia pun meminta doa dari masyarakat Indonesia demi keselamatan WNI yang ada di .

“Kami hanya mengharapkan doa bersama dari kita dan support pada saudara-saudara kita yang saat ini masih berada di . Mudah-mudahan mereka bisa di waktu yang tepat kita keluarkan di tempat yang aman sehingga bisa kembali ke Tanah Air pada waktunya,” ujarnya.

Sementara itu, pemerintah Indonesia sedang menyiapkan evakuasi warga negara Indonesia (WNI) di , yang diinvasi . Sejauh ini total ada 153 WNI di .

“Saat ini ada 153 orang tercatat dalam database terbaru yang dimiliki di KBRI Kiev,” kata Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha.

Judha menjelaskan data tersebut tercatat setelah WNI yang ada di diminta melaporkan diri. Sebanyak 153 WNI itu tersebar di beberapa rumah aman atau safe house. Terbanyak berada di KBRI Kiev. Mayoritas mereka merupakan pekerja migran.

“Semuanya kondisi aman dan selamat dan telah berada di beberapa titik safe house yang telah disiapkan KBRI,” ujarnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here