Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaPara Pemimpin Eropa Mengutuk Vladimir Putin, Terkait Status Wilayah Donetsk dan...

Para Pemimpin Eropa Mengutuk Vladimir Putin, Terkait Status Wilayah Donetsk dan Luhansk di Ukraina

Bogordaily.net – Para pemimpin Eropa mengutuk Presiden Rusia atas niatnya untuk mengakui kemerdekaan dua wilayah yang didukung Rusia Ukraina, yakni Republik Rakyat Donetsk dan Republik Rakyat Luhansk. Mereka tidak mendukung klaim dari Putin.

The New York Times, pada Selasa 22 Februari 2022 menyebutkan klaim Putin itu dilontarkannya saat memberikan pidato selama hampir 1 jam. Sontak, gelombang komentar diarahkan kepada Putin seperti diantaranya:

Presiden Prancis Emmanuel Macron:

“Prancis mengutuk keputusan yang diambil oleh Presiden Federasi Rusia () untuk mengakui wilayah separatis Ukraina timur. Ini jelas merupakan pelanggaran sepihak terhadap komitmen internasional Rusia dan serangan terhadap kedaulatan Ukraina. Perlu dilakukan pertemuan mendesak Dewan Keamanan PBB serta penerapan sanksi Eropa yang ditargetkan.”

Uni Eropa: Charles Michel, Presiden Dewan Eropa, dan Ursula von der Leyen, Presiden Komisi Eropa

“Presiden Michel dan Presiden von der Leyen mengutuk sekeras mungkin keputusan presiden Rusia , untuk melanjutkan pengakuan daerah-daerah yang dikendalikan non-pemerintah dari oblast Donetsk dan Luhansk Ukraina sebagai entitas independen,” pernyataan bersama Uni Eropa.

“Langkah ini merupakan pelanggaran terang-terangan terhadap hukum internasional serta perjanjian Minsk. Serikat akan bereaksi dengan sanksi terhadap mereka yang terlibat dalam tindakan ilegal ini. Uni Eropa menegaskan kembali dukungannya yang tak tergoyahkan terhadap kemerdekaan, kedaulatan, dan integritas teritorial Ukraina dalam perbatasannya yang diakui secara internasional,” imbuhnya.

Sekjen PBB António Guterres, melalui juru bicaranya:

“Sekretaris jenderal sangat prihatin dengan keputusan Federasi Rusia terkait status wilayah tertentu wilayah Donetsk dan Luhansk Ukraina. Dia menyerukan penyelesaian damai konflik Ukraina timur, sesuai dengan Perjanjian Minsk, sebagaimana disahkan oleh Dewan Keamanan dalam resolusi 2202 (2015),” ujar juru bicaranya Stephane Dujarric.

“Sekretaris Jenderal menganggap keputusan Federasi Rusia sebagai pelanggaran terhadap integritas teritorial dan kedaulatan Ukraina dan tidak sesuai dengan prinsip-prinsip Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa. Perserikatan Bangsa-Bangsa, sejalan dengan resolusi Majelis Umum yang relevan, tetap sepenuhnya mendukung kedaulatan, kemerdekaan, dan integritas wilayah Ukraina, dalam batas-batas yang diakui secara internasional,” imbuhnya.

“Sekjen mendesak semua aktor terkait untuk memfokuskan upaya mereka untuk memastikan penghentian segera permusuhan, perlindungan warga sipil dan infrastruktur sipil, mencegah tindakan dan pernyataan apa pun yang dapat semakin meningkatkan situasi berbahaya dalam dan sekitar Ukraina dan memprioritaskan diplomasi untuk mengatasi semua masalah secara damai,” tegasnya.

Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss:

“Pengakuan Presiden Putin atas ‘Republik Rakyat Donetsk' dan ‘Republik Rakyat Luhansk' sebagai negara merdeka menunjukkan pengabaian yang mencolok terhadap komitmen Rusia di bawah Perjanjian Minsk. Langkah ini merupakan serangan lebih lanjut terhadap kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina, menandakan diakhirinya proses Minsk dan merupakan pelanggaran terhadap piagam PBB. Ini menunjukkan keputusan Rusia untuk memilih jalur konfrontasi daripada dialog,” menurut Truss.

“Kami akan mengoordinasikan tanggapan kami dengan sekutu. Kami tidak akan membiarkan pelanggaran Rusia terhadap komitmen internasionalnya dibiarkan begitu saja.”

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg:

“Saya mengutuk keputusan Rusia untuk memberikan pengakuan kepada ‘Republik Rakyat Donetsk' dan ‘Republik Rakyat Luhansk' yang diproklamirkan sendiri. Ini semakin merusak kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina, mengikis upaya menuju resolusi konflik, dan melanggar Perjanjian Minsk, untuk di mana Rusia adalah partainya.”

Perdana Menteri Lithuania Ingrida Imonyte:

“Putin hanya mempermalukan Kafka dan Orwell: tidak ada batasan untuk imajinasi diktator, tidak ada titik terendah yang terlalu rendah, tidak ada kebohongan yang terlalu mencolok, tidak ada garis merah yang terlalu merah untuk dilintasi. Apa yang kita saksikan malam ini mungkin tampak tidak nyata bagi dunia demokrasi. Tetapi cara kita merespons akan menentukan kita untuk generasi yang akan datang.”***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here