Sunday, 5 May 2024
HomeBeritaPenelitian Awal: Rosemary Bisa Bantu Cegah Infeksi Covid-19

Penelitian Awal: Rosemary Bisa Bantu Cegah Infeksi Covid-19

Bogordaily.net– Rosemary merupakan semak cemara kayu asli Mediterania dan kini dibudidayakan sebagai tanaman hias di seluruh dunia. Tanaman ini kerap digunakan untuk kuliner, obat, dan kosmetik. Nah, di balik kegunaannya, para peneliti menemukan senyawa dalam rosemary dapat membantu mencegah infeksi Covid-19.

“Kami pikir asam carnosic [senyawa], atau beberapa turunan yang dioptimalkan, layak diselidiki sebagai pengobatan yang berpotensi murah, aman, dan efektif untuk Covid-19 dan beberapa gangguan terkait peradangan lainnya,” penulis studi senior Stuart Lipton, seorang profesor di Scripps Research, AS, seperti dikutip Suara.com dari India Today.

Berdasarkan studi pendahuluan, sekelompok peneliti mengatakan senyawa, asam carnosic, dapat memblokir interaksi antara protein lonjakan SARS-CoV-2 dan protein reseptor ACE2. Temuan ini dipublikasikan dalam jurnal Antioksidan.

Protein lonjakan digunakan oleh virus SARS-CoV-2 untuk menginfeksi sel, sementara ACE2 bertindak sebagai pintu gerbang untuk memasuki sel, lapor PTI.

Para peneliti AS juga meninjau bukti dari sebelumnya bahwa asam carnosic memiliki efek terpisah dalam menghambat jalur inflamasi kuat yang aktif pada Covid-19 yang parah serta pada penyakit lain termasuk Alzheimer.

Dalam sebuah studi 2016, Lipton dan rekannya menunjukkan bahwa asam carnosic yang ditemukan dalam rosemary mengaktifkan jalur pensinyalan antioksidan anti-inflamasi yang disebut Nrf2.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here