Friday, 3 May 2024
HomeBeritaPenelitian: Tambah Durasi 10 Menit pada Olahraga Rutin Bisa Bantu Selamatkan Nyawa

Penelitian: Tambah Durasi 10 Menit pada Olahraga Rutin Bisa Bantu Selamatkan Nyawa

Bogordaily.net– rutin menjadi kunci dalam menjaga kesehatan tubuh dan resep umur panjang. Tentunya selain menjaga pola makan sehat. Dalam sebuah penelitian, disebutkan peningkatan aktivitas fisik harian 10 menit dapat membantu menyelamatkan lebih dari 100.000 nyawa.

Diterbitkan dalam Journal of American Medical Association Internal Medicine (JAMA Network), tim dari National Institutes of Health (NIH) National Cancer Institute dan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menggunakan data monitor aktivitas untuk memperkirakan dampak kesehatan masyarakat dari peningkatan kecil dalam aktivitas fisik di seluruh populasi orang dewasa AS.

Dilansir Suara.com dari Fox News, mereka memperkirakan bahwa jika orang dewasa berusia 40 hingga 85 tahun atau lebih meningkatkan aktivitas fisik sedang hingga berat sebanyak 10 menit per hari, sekitar 6,9% kematian tahunan dapat dihindari, atau 111.174 kematian yang dapat dicegah per tahun.

Manfaat yang lebih besar dikaitkan dengan peningkatan aktivitas yang lebih besar, dengan manfaat serupa yang diamati untuk pria, wanita, orang Amerika Meksiko, orang Amerika kulit hitam non-Hispanik, dan orang Amerika kulit putih non-Hispanik.

“Sepengetahuan kami, ini adalah studi pertama yang memperkirakan jumlah kematian yang dapat dicegah melalui aktivitas fisik menggunakan pengukuran berbasis akselerometer di antara orang dewasa AS sambil mengakui bahwa peningkatan aktivitas mungkin tidak mungkin dilakukan untuk semua orang,” tulis para penulis penelitian.

Namun, pemantauan dalam satu minggu mungkin tidak mencerminkan perubahan aktivitas dari waktu ke waktu dan desain studi observasional membatasi penentuan langsung kausalitas, jelas peneliti.

National Cancer Institute menyoroti bahwa penelitian sebelumnya telah menunjukkan aktivitas fisik dapat meningkatkan kesehatan manusia, mengurangi risiko beberapa penyakit kronis yang menyebabkan kematian dini, termasuk beberapa jenis kanker.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here