Saturday, 4 May 2024
HomeBeritaPenting Banget! Yuk, Cukupi Asupan Nutrisi Gizi Saat Terinfeksi Covid-19

Penting Banget! Yuk, Cukupi Asupan Nutrisi Gizi Saat Terinfeksi Covid-19

Bogordaily.netNutrisi pada makanan yang dikonsumsi semakin penting diperhatikan terutama saat terinfeksi Covid-19. Sebab, gizi seimbang akan sangat berperan penting dalam meningkatkan sistem imun dan mempercepat proses pemulihan.

Pakar nutrisi Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes., mengatakan sistem kekebalan tubuh merupakan suatu sistem kompleks yang terdiri dari sel, protein, jaringan, dan organ yang bekerja sama untuk melindungi tubuh dengan melawan infeksi bakteri juga virus.

Pada proses pertahanan tubuh dari adanya infeksi bakteri dan virus, sistem imunitas akan bekerja sama untuk mengenalinya dan memberikan respon segera.

“Sistem imunitas yang kuat akan memberikan respons yang baik, yaitu dengan melakukan perlawanan terhadap infeksi bakteri dan virus hingga bakteri dan virus tersebut mati,” jelas dokter Rita melalui rilis tertulisnya yang dikutip dari Suara.com, Selasa, 14 Februari 2022.

Oleh karena itu, makanan bergizi seimbang semakin diperlukan ketika tubuh sakit, tidak hanya saat terinfeksi Covid-19. Tujuannya, kata Rita, untuk membangun sistem imunitas makin kuat.

Sebabvirus corona SARS Cov-2, penyebab Covid-19, dapat hidup di bagian tubuh mana saja. Selama di dalam tubuh, virus akan memakai energi dan zat gizi untuk bertahan tubuh. Dampaknya, tubuh manusia menjadi lemah.

“Ketika terinfeksi, akan terjadi penurunan berbagai zat gizi di dalam tubuh. Di antaranya adalah total cairan tubuh, dan mineral,” jelas konsultan gizi di Klinik Kebugaran Royal Sport Performance Center Senayan City tersebut.

Lebih lanjut ia menjelaskan cairan tubuh berperan penting dalam memelihara membran sel yang bertugas melindungi semua organ tubuh, sebagai komponen utama dari sel-sel darah putih, juga membantu penyerapan zat gizi dan mendistribusikannya ke seluruh sel yang membutuhkan.

Sedangkan mineral memiliki peran menjaga keseimbangan reaksi kimia di dalam tubuh. Oleh sebab itu, selama sakit tubub harus tetap terhidrasi dengan mencukupi asupan air minum.

“Harus memasukkan cairan lebih banyak saat terinfeksi, salah satunya adalah dengan mengonsumsi air kelapa yang juga mengandung mineral. Tubuh yang terehidrasi dengan baik dan bersama dengan konsumsi makanan yang seimbang akan akan lebih cepat pulih,” paparnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here