Monday, 29 April 2024
HomeNasionalPenyelundupan 16 Kg Sabu Berhasil Digagalkan Reserse Narkoba Polda Sumsel

Penyelundupan 16 Kg Sabu Berhasil Digagalkan Reserse Narkoba Polda Sumsel

Bogordaily.net – Tim khusus dan IT Direktorat Reserse Narkoba Sumatera Selatan () menggagalkan penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu yang dibungkus dalam bungkus teh cina seberat 16 Kilogram (Kg) atau senilai Rp16 miliar.

Narkoba jenis sabu itu dibawa dua orang kurir menggunakan mobil pick up warna hitam bernomor polisi BG 9833 NQ dari Aceh dengan tujuan .

Modus peredaran narkoba tersebut melalui mobil bak yang berisi pohon kelapa sawit yang dalam bagasi bawah bak mobil yang sudah di modifikasi dengan Bak hidrolik (Kotak Tersembunyi).

Polisi awalnya mendapatkan informasi bahwa akan ada pengiriman barang narkotika dari Medan menuju Palembang.

Setelah melaksanakan penyelidikan dan meyakini terhadap informasi tersebut, selanjutnya Tim melaksanakan penangkapan dan penggeledahan terhadap mobil pick up warna hitam bernomor polisi BG 9833 NQ.

Penangkapan tersebut terjadi di Jalan Palembang Jambi KM 59 Desa Simpang Tungkal Kecamatan Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), , pada Selasa 1 Febuari 2022 sekitar Pukul 00.15.

Dari penangkapan tersebut, polisi mengamankan 16 Kg Sabu yang dibungkus plastik Teh cina Guanyinwang. Selain itu, aparat juga mengamankan dua tersangka, yaitu Armia bin Abu Bakar (48) warga Aceh dan Fadli bin Muhammad Hatta (41) warga Bandar Keliba Kabupaten Bender Meria.

Direktur Ditres Narkoba , Kombes Heri Istu Hariono mengatakan, kejadian saat kendaraan pelaku melintas di perbatasan dan Jambi atau Jalan Palembang-Jambi, Km 59, Simpang Tungkal, Kabupaten Muba, pada Selasa 1 Febuari 2022 dini hari.

“Pelaku menyelundupkan sabu itu pakai mobil pikap yang mengangkut buah kelapa sawit. Sabu-sabu itu disimpan di tempat yang memang sudah dimodifikasi,” kata Heri, Selasa 1 Febuari 2022.

Heri juga menjelaskan kedua pelaku yang diamankan merupakan kurir yang diupah 100 juta.

“Nilainya sekitar Rp 16 miliar. Ada dua orang yang kita amankan, dua lagi masih dilakukan pendalaman. Kedua kurir yang kita amankan merupakan kurir transportir yang diupah Rp100 juta,” kata Heri.

Heri juga menjelaskan pihaknya akan melakukan pengembangan terkait penangkapan tersebut.

“Sabu asal Aceh memang tujuannya . Tapi kita masih lakukan pendalaman lagi terkait barang bukti tersebut,” katanya. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here