Tuesday, 23 April 2024
HomeKota BogorPerayaan Imlek di Vihara Dhanagun Berjalan Dengan Prokes Ketat

Perayaan Imlek di Vihara Dhanagun Berjalan Dengan Prokes Ketat

Bogordaily.net – Umat Tionghoa yang berada di Kota Bogor merayakan Tahun Baru 2573 di , RT.03/RW.07, Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Selasa 1 Februari 2022.

Pelaksanaan ibadah di Vihara Dhanagun berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan serta pembatasan jumlah pengunjung mencapai 75 persen.

Sebelum masuk, warga yang akan sembahyang harus melakukan scan QR barcode di aplikasi PeduliLindungi dan pengawasan dibantu anggota TNI-Polri.

Tahun Baru 2022 ditandai dengan tahunnya ‘Macan Air'. Tahun Macan Air ini dipercaya bagi umat Thionghoa sebagai tahunnya orang yang pemberani.

Pengurus Vihara Dhanagun Kota Bogor Koh Ayung mengatakan, bahwa simbol dari Macan Air sendiri merupakan pemahaman terhadap suatu keberanian.

“Kamu tahu ga kenapa kita diberi nama oleh orang tua kita. Supaya kenal kan. Nah, penamaan tersebut pun sama. Tahun ini tahunnya ‘Macan Air. Supaya kita kenal juga dan supaya berani dan gagah seperti gerak-geriknya macan tersebut,” kata Pengurus Vihara Dhanagun Kota Bogor Koh Ayung.

Lebih jelas dirinya menyampaikan, keberanian dan kegagahan tersebut, tidak membuat orang menjadi sombong. Namun, harus penuh perhitungan dan kesadaran.

“Justru kalau berani kehati-hatiannya menambah. Lebih dinamis. Jadi, bisa lebih perhitungan. Berani boleh tapi perhitungan serta tidak sombong pun harus dilakukan. Itu kenapa dipasang-pasagin seperti itu,” jelasnya.

Menurutnya Tahun Macan Air ini, tidak bisa dirayakan seperti tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, saat ini Kota Bogor masih dilanda Pandemi Covid-19.

“Kita ikuti anjuran dari Pemerintah saja. Terlebih disini pun sudah menerapkan . Beribadah pun tetap . Kalau untuk lain itu tidak ada,” tandasnya.*

 

Ibnu Galansa Montazery

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here