Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaPerokok Berat Tapi Tak Mengidap Kanker Paru, Ini Penjelasan Dokter

Perokok Berat Tapi Tak Mengidap Kanker Paru, Ini Penjelasan Dokter

Bogordaily.net–Merokok merupakan salah satu penyebab utama sakit . Meski kampanye bahaya rokok terus digalakkan, tetapi prevalensi angka di Indonesia malah terus meningkat.

Data Riset Kesehatan Dasar atau Riskesdas Kementerian Kesehatan tercatat bahwa terjadi peningkatan prevalensi merokok pada anak usia 10 Tahun ke atas, dari 28,8 persen pada 2013 menjadi 29,3 persen pada 2018.

Di sisi lain, masyarakat masih memiliki persepsi ‘meremehkan' dan merasa banyak orang tak mengidap meski bertahun-tahun jadi perokok aktif.

“Sering terjadi di masyarakat saat ini, orang akan menunjuk, ‘itu kakek 90 tahun yang merokoknya seperti kereta api aja tidak menderita '. Memang kesulitan kita di situ (untuk lakukan edukasi),” kata dokter Spesialis Penyakit Dalam, Subspesialisasi Hematologi-Onkologi Medik DR. dr. Andhika Rachman dalam diskusi virtual dilansir Suara.com.

Dalam ilmu tentang kanker atau onkologi, jelasnya, terdapat faktor genotip (genetik) dan fenotip (lingkungan). Jika kedua faktor tersebut terpenuhi, maka seseorang berisiko menderita kanker lebih besar daripada orang lain.

“Jadi tidak selamanya kalau seseorang akan merokok menderita . Demikian pula, misalnya di keluarga ada riwayat , walaupun tidak merokok belum tentu tidak akan menderita . Itu sebetulnya yang perlu diajarkan kepada masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu faktor risiko dari sendiri ada enam.

Direktur Eksekutif Research of Indonesian Association for the Study on Thoracic Oncology (IASTO) Profesor Elisna Syahruddin, mengatakan bahwa faktor utamanya tetap kebiasaan merokok.

“Satu rokok, faktor utama. Kedua, riwayat dalam keluarga. Ternyata dari penelitian di China, kerentanannya pada satu orang sangat tinggi,” tuturnya.

Selain itu lingkungan tempat bekerja juga berpengaruh. Dokter Elisna mengatakan, orang-orang yang bekerja di sekitar proyek bangunan memiliki risiko lebih tinggi daripada yang tidak.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here