Wednesday, 15 May 2024
HomeKota BogorPerumda Tirta Pakuan Kota Bogor Bentuk Tim Pengawas K3 untuk Mengurangi Resiko...

Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Bentuk Tim Pengawas K3 untuk Mengurangi Resiko Kecelakaan Kerja

Bogordaily.net atau disingkat adalah instrumen yang melindungi pekerja, perusahaan, masyarakat dan lingkungan dari hal-hal merugikan yang dapat ditimbulkan oleh aktivitas pekerjaan.

Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirta Pakuan Rino Indira Gusniawan mengatakan, adalah hak pegawai yang kadang-kadang tidak pernah diperhatikan. Padahal, angka terjadi hampir 80 persen usia produktif, dan bisa mengganggu operasional perusahaan.

“Untuk itu, tingkat kesadaran pekerja atas resiko pekerjaan harus ditingkatkan. Dan melalui tim pengawas yang sudah terbentuk, maka mereka akan mengawal pelaksanaan Prosedur di lingkungan kerja Perumda Tirta Pakuan,” kata Dirut Perumda Tirta Pakuan Rino Indira Gusniawan, Senin 21 Februari 2022.

Lebih lanjut, Rino menjelaskan, tiap pegawai khususnya yang di lapangan, akan dibekali APD sesuai dengan resiko pekerjaannya.

“Jika karyawan di kantor, kan gak usah juga pakai helm. Tapi, dipetakan potensi keselamatan serta  kesehatan kerjanya di lingkungan kantor. Untuk yang di lapangan seperti petugas gali, tentunya ada APD, helm, rompi, sepatu kemudian sarung tangan. Insya Allah, akan menjadi bagian budaya kerja di Perumda Tirta Pakuan,” jelasnya.

Sambungnya, bagi pekerja, melindungi mereka dari bahaya yang terjadi selama proses bekerja dan juga efek kesehatan jangka panjang.

Bagi perusahaan, bertujuan untuk mencegah kerugian yang ditimbulkan oleh yang dapat menghambat produksi & produktivitas kerja.

“Sedangkan bagi lingkungan dan masyarakat, K3 bertujuan untuk mencegah timbulnya dampak negatif dari alat atau sumber-sumber produksi,” tutupnya.

(Ibnu Galansa Montazerry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here