Saturday, 27 April 2024
HomeNasionalPolisi Bongkar Dua Kuburan Korban Kerangkeng Rumah Bupati Langkat

Polisi Bongkar Dua Kuburan Korban Kerangkeng Rumah Bupati Langkat

Bogordaily.net (Sumut) terus melakukan pendalaman terkait korban tewas penghuni kerangkeng nonaktif Terbit Rencana Perangin-angin. Kali ini, polisi membongkar dua kuburan korban yang tewas, Sabtu, 12 Februari 2022.

Dua kuburan yang dibongkar berada di tempat pemakaman umum (TPU) Pondok VII, Sawit Sebrang dan tempat kuburan keluarga Dusun VII Suka Jahe, Kecamatan Sei Bingei, Kabupaten Langkat.

“Hari ini Polda Sumut melakukan penggalian dua kuburan korban tewas kerangkeng milik Terbit,” kata Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi dalam keterangan yang diterima seperti dilansir Suara.com.

Hadi menyebut, penggalian kuburan melibatkan Ditreskrimum Polda Sumut dan Tim Forensik Rumah Sakit Bhayangkara.

“Penggalian kuburan ini untuk mendalami kasus adanya penghuni kerangkeng yang diduga dianiaya,” tambahnya.

Disinggung mengenai apakah ada kemungkinan penggalian kuburan lainnnya, Hadi mengatakan penyidik akan terus mendalaminya.

“Tentunya pasti akan kita lakukan seiring dengan hasil temuan tim di lapangan untuk pembuktian,” katanya.

Sebelumnya, Komnas HAM mendapatkan informasi terkait dengan sejarah kerangkeng itu didirikan maupun metode pembinaan yang dilakukan saat memintai keterangan Terbit.

“Kami mendapatkan informasi terkait dengan sejarah kerangkeng yang ada, metode pembinaan yang dilakukan oleh tim yang mengelola kerangkeng itu sehari-hari,” kata anggota Komnas HAM Beka Ulung Hapsara.

Komnas HAM juga menyebut Terbit mengakui ada korban di dalam kerangkeng tersebut.

“Termasuk juga mengonfirmasi ada yang meninggal apa tidak dan memang terkonfirmasi ada yang meninggal dalam kerangkeng tersebut, juga bagaimana SOP penanganan kalau ada kekerasan atau korban,” jelas Beka.

Saat ini Terbit telah ditetapkan tersangka dan ditahan oleh penyidik KPK di dalam kasus dugaan suap terkait dengan kegiatan pekerjaan pengadaan barang dan jasa pada tahun 2020—2022 di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here