Monday, 29 April 2024
HomeHiburanPrilly Latuconsina Salut Aliando Syarief Berani Ungkap Masalahnya

Prilly Latuconsina Salut Aliando Syarief Berani Ungkap Masalahnya

Bogordaily.net salut dengan membuat pengakuan terkait penyakit obsessive compulsive disorder (OCD) ekstrem yang ia derita.

Menurut , tidak mudah untuk membuat pengakuan seperti yang dilakukan oleh .

“Aku salut banget, karena aku juga termasuk (pengidap) yang ngaku, dan aku tahu itu enggak mudah,” kata di Plaza Senayan, Jakarta Pusat.

“Enggak mudah untuk kita menerima dan akhirnya kasih tahu ke orang lain. Jadi aku salut banget sih,” sambungnya

Namun, Prilly berharap Aliando tidak mengungkapkan mengenai penyakit OCD ekstrem yang ia derita berdasarkan diagnosanya sendiri. Sebab, seperti masalah kesehatan, masalah mental juga harus ditangani oleh ahlinya.

“Kita jangan mendiagnosa diri sendiri atau jangan juga mendiagnosa orang lain. Karena kalau kita bukan psikiater atau psikolog kita enggak punya hak,” ucap Prilly.

Aliando kembali terkena OCD pada 2020 di usia 25 tahun. Sebelumnya, ia menderita penyakit tersebut saat masih duduk di kelas 2 SD.

Pemain film Ganteng-ganteng Serigala itu mengungkapkan kondisinya saat terkena OCD. Salah satunya adalah ia jadi tidak bisa bergerak. Selain itu, Aliando juga tidak nafsu makan dan merasakan kendala ketika ingin mandi.

“Jadi OCD-nya, OCD ekstrem yang gue, tuh, benar-benar stuck, enggak bisa gerak. Jadi yang biasa OCD harusnya bersih, tapi gue ini OCD yang ekstrem, justru sebaliknya agak lebih kotor, jadi gue berjuang untuk bersih terus,” kata Aliando.

Aliando berjuang melawan OCD selama dua tahun. Dia menemui psikolog dan melakukan terapi di rumah.

“Gue harus banyak terapi di rumah, makanya gue enggak keluar-keluar,” ungkapnya.

Aliando menyatakan kondisinya kini sudah membaik. Meski begitu, ia tidak akan langsung kembali beraktivitas di dunia hiburan.

“Harus istirahat. Terapi ini cukup melelahkan juga,” ucap Aliando.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here