Wednesday, 24 April 2024
HomeKota BogorPWI Kota Bogor Umumkan Pemenang Lomba Foto, Berikut Deretan Juaranya

PWI Kota Bogor Umumkan Pemenang Lomba Foto, Berikut Deretan Juaranya

Bogordaily.net– yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bogor telah melahirkan tiga pemenang. Dari puluhan karya yang masuk, ketiganya berhasil menjadi juara dari hasil penilaian para juri yang melibatkan Ikatan Pewarta Foto Indonesia (PFI).

Pemenang lomba diumumkan pada kegiatan puncak Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Kota Bogor di ruang paripurna Gedung DPRD Kota Bogor pada Kamis, 24 Februari 2022 lalu.

Pada bertemakan “Ada Apa Dengan Bogorku” itu memunculkan berbagai foto yang menceritakan kondisi Kota Bogor terkini.

Salah satu pemenang Andi Muhammad Ridwan mengatakan, foto yang diikut sertakan dalam ajang perlombaan tersebut mengangkat isu tentang eksploitasi anak.

“Foto yang saya kirimkan merefleksikan sebuah realita kehidupan yang tidak hanya ada di Kota Bogor tapi juga terjadi di kota-kota besar. Isu yang diangkat dari foto ini dirasa pas dengan tema #adaapadenganbogorku yang menjadi tema yang diadakan ,” katanya.

Menurutnya, eksploitasi anak sebagai pengamen dan pengemis di jalanan, menggambarkan bahwa pemenuhan hak dan perlindungan anak sebagai warga tak sejalan dengan lebel Kota Bogor sebagai Kota Layak Anak (KLA).

“Realita ini yang saya tangkap dalam bingkai foto, dengan harapan dapat menjadi perhatian pemerintah dalam menjawab persoalan sosial di tengah masyarakat khususnya masalah keluarga,” sambungnya.

Pemenang juara 2, Gunawan Rustandi mengapresiasi lomba yang digagas dengan tema Ada Apa dengan Bogorku. Sebab, dengan lomba tersebut masyarakat yang tinggal di luar Bogor bisa ikut peduli dalam kondisi yang ada. Selain itu, kata dia dengan foto masyarakat bisa menceritakan banyak hal seperti kritik sosial, saran, dan masukan serta pembangunan yang sudah dilakukan oleh pemerintah.

“Jadi masyarakat bisa lebih care, lebih teliti memperhatikan lingkungan, saling kroscek, saling jaga dan jika ada yang kurang baik diberi tau melalui foto tanpa yang diberitau merasa tersenggung karena diinformasikan melalui karya,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan peraih juara 3 Gomgom Sudirman yang awalnya tak menyangka bisa masuk babak final.

ini sangat baik untuk memberi ruang kepada masyarakat menampilkan masukan kepada Pemerintah Kota Bogor yang lebih baik,” kata pria yang hobi jalan dan foto itu.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here