Saturday, 20 April 2024
HomeTravellingRasakan Adrenalin Menyebrangi Lautan Dengan Gondola di Pantai Timang

Rasakan Adrenalin Menyebrangi Lautan Dengan Gondola di Pantai Timang

Bogordaily.net – terletak di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini mulai menjadi salah satu daya tarik wisata baru dbeberapa tahun belakangan. Alasannya adalah gondola tradisional yang digunakan untuk menyeberang ke Pulau Timang yang berjarak sekitar 98 meter dari daratan utama.

Gondola di awalnya digunakan oleh penduduk setempat untuk mengambil hasil laut di Pulau Timang. Hasil laut seperti lobster yang memiliki nilai jual tinggi mendorong warga setempat untuk membuat gondola.

Gondola tersebut kemudian dikenal sebagai salah satu wisata ekstrim yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik itu domestik maupun mancanegara. Berada di ketinggan 11 meter di atas air laut, gondola tersebut bergerak  menyeberangi laut.

Jika cuaca sedang buruk, ombak bisa mencapai ketinggian yang sama dengan gondola. Wisatawan tidak perlu meragukan keamanan dari gondola karena tali selalu diganti setiap 2 bulan sekali.

Dan untuk mencapai ke pulau tersebut, nelayan setempat membuat sebuah gondola sederhana untuk digunakan sebagai alat transportasi mereka dalam menyebrangi lautan.

Ketenaran Pulau Timang dimulai ketika Running Man, yang merupakan salah satu variety show terkenal asal Korea Selatan berkunjung dengan mengirimkan dua perwakilan anggotanya.

Yakni Lee Kwang Soo dan Jeon So Min, yang datang sekitar tahun 2017 silam. Kemudian mereka mencoba wahana gondola yang terkenal ekstrem apalagi jika ombak sedang ganas.


Lama kelamaan wisatawan banyak yang datang ke dan mencoba wahana gondola tersebut, untuk memacu mereka.

Wisatawan cukup membayar Rp150.000,- untuk bisa naik gondola.  Uang yang dibayarkan untuk naik gondola nantinya akan diberikan kepada pengelola, termasuk untuk pekerja yang menggerakkan gondola.

Ombak di cukup ganas dan area pantai yang didominasi oleh perbukitan batuan karang. Ada pula pantai berpasir putih dengan garis pantai yang pendek. Meskipun cukup menantang, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan Samudera Hindia setelah tiba di Pulau Timang. Selain itu, wisatawan juga bisa melihat gugusan pantai yang ada di Guningkidul.

sendiri rupanya sudah dikenal hingga ke mancanegara seperti Singapura, Malaysia, hingga Jepang. Upaya untuk mempromosikan pun kini menjadi hal yang sedang digencarkan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul.

Pemerintah juga sudah berusaha untuk menunjang fasilitas di . Salah satunya adalaha pemasangan listik tenaga surya di beberapa bangunan di kawasan pantai. Fasilitas tersebut mulai dioperasikan pada awal 2017. Tepus Iwan Alamnsyah, Kepala Dusun Danggolo, menyatakan bahwa instalasi listrik tersebut memberikan pengaruh besar karena adanya penerangan di kawasan pantai pada malam hari.

 


Akan tetapi, akses menuju cukup buruk karena jalanan yang berbatu tanpa aspal. Pengunjung harus menyewa mobil khusus untuk bisa sampai ke Pantai Timang. Meskipun listrik sempat menjadi kendala, akses jalan yang buruk menjadi masalah yang utama. Agar bisa lebih banyak menarik pengunjung, perbaikan akses jalan menuju Pantai Timang menjadi hal yang wajib dilakukan.

Jika dari arah pusat kota Yogyakarta rute yang diambil ialah dengan melajukan kendaraan menuju ringroad timur Jogja, kemudian mengikuti petunjuk arah yang akan membawamu ke Wonosari.

Nantinya akan ada pertigaan jalan, ambillah arah menuju Pantai Baron. Kemudian sesampainya di pertigaan Mulo belok ke kiri mengikuti arah Pantai Siung.

Ketika tiba di pertigaan Pantai Siung, ambil jalan ke kanan hingga tiba di Pos retribusi Pantai Timang. Sudah tersedia petunjuk jalan yang akan membawamu menuju lokasi.

Tiket Masuk Pantai Timang
Harga tiket masuk Pantai Timang sangat murah, yakni dengan membayar Rp. 5.000,- saja per orang.
Jika hendak mencoba gondola harus membayar sebesar Rp. 150.000,-
Naik jembatan gantung membayar Rp. 100.000,-
Jam Buka Pantai Timang
Jam operasional Pantai Timang dimulai hari Sabtu hingga Kamis, mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00 waktu setempat. Sedangkan untuk hari Jumat pantai ini ditutup untuk wisatawan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here