Friday, 19 April 2024
HomeNasionalSebelum Ghozali, Bocah 12 Tahun Raup Rp. 5,7 Miliar dari Emoji Meme...

Sebelum Ghozali, Bocah 12 Tahun Raup Rp. 5,7 Miliar dari Emoji Meme Paus Aneh

Bogordaily.net – Nama Ghozali Everyday menjadi viral, karena hasil jualan Selfie miliknya di Non Fungible Token (). Namun jauh sebelum Ghozali, bocah bernama Ahmed berhasil menjual meme , dan terjual habis dalam waktu sembilan jam.

Seorang anak laki-laki berusia 12 tahun asal London, Benyamin Ahmed, mengisi waktu liburan sekolahnya dengan membuat karya seni digital bernama “Weird Whales”.

Isinya berupa emoji ikan paus bergaya piksel. Namun, tak dinyana, karya seni berisi total 3.350 buah emoji ikan paus itu berhasil terjual sebesar 290.000 poundsterling atau setara dengan Rp 5,7 miliar sebagai Non-Fungible Token ().

Uang yang didapat Ahmed ini disimpan dalam bentuk Ethereum, mata uang kripto yang juga digunakan untuk menjual karya seni ikan pausnya itu.

Sedangkan Ghozali sendiri menjual foto selfie dengan muka datar. Foto-foto yang diambil sejak 2017 itu kemudian iseng dia jual ke dan ternyata laku sehingga menghasilkan pundi-pundi.

Dalam menciptakan Weird Whales, Ahmed terinspirasi dari meme ikan paus bergaya piksel popular. Kemudian, ia mengawinkannya dengan gaya seni digital melalui program yang dibuatnya sendiri.

Maka, jadilah 3.350 tipe emoji Weird Whales. Saat ini, Ahmed sedang mengerjakan karya seni digital ketiganya yang bertema superhero. Ia juga ingin membuat game bawah air yang menampilkan ikan paus.

Ahmed mulai membuat meme paus itu pada Juli 2021 lalu melelangnya sebagai . Ahmed terjual habis dalam sembilan jam dan berhasil meraup 80 token ether yang saat itu bernilai sekitar US$248.000.

“Aku menonton beberapa video YouTube dan mencari tahu cara menggambar paus dalam bentuk pixel dengan sangat cepat,” kata Ahmed.

Selain dapat ether, Ahmed juga berhak atas komisi royalti 2,5 persen setiap kali meme tersebut dijual di pasar sekunder. Perjanjian tersebut membuatnya menghasilkan 30 ether tambahan.

Sampai Agustus 2021 total keuntungan yang didapat Ahmed mencapai US$400.000 atau sekitar Rp5,7 miliar. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here